Logo BBC

Baru Berkuasa, Para Pimpinan Taliban Bersitegang Soal Susunan Kabinet

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

The leader of the Taliban negotiating team Mullah Abdul Ghani Baradar looks on during the final declaration of the peace talks between the Afghan government and the Taliban is presented in Qatar`s capital Doha on July 18, 2021
AFP
Mullah Abdul Ghani Baradar mewakili Taliban menandatangani kesepakatan Doha terkait dengan penarikan pasukan AS.

Baru saja berkuasa, jajaran kepemimpinan Taliban sudah bersitegang dalam menentukan pemerintahan baru di Afghanistan, ungkap para pejabat senior Taliban kepada BBC.

Perselisihan antara salah satu pendiri Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar, dan seorang anggota kabinet terjadi di dalam istana presiden, kata mereka.

Ada laporan yang belum bisa dikonfirmasi atas silang pendapat di dalam pimpinan Taliban, sejak Baradar menghilang dari publik dalam beberapa hari.

Namun perseteruan di tubuh Taliban ini secara resmi dibantah.

Taliban menguasai Afghanistan bulan lalu, dan sejak itu menyatakan negara ini sebagai "Negeri Islam". Kabinet sementara seluruhnya diisi oleh laki-laki, dan terdiri dari tokoh senior Taliban. Sebagian dari mereka terkenal atas serangan terhadap pasukan AS selama dua dekade terakhir.

Salah satu sumber dari Taliban mengatakan kepada BBC Pashto, bahwa Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani - menteri urusan pengungsi sekaligus tokoh terkemuka dalam jaringan militan Haqqani - saling adu mulut, ketika para pengikut mereka bertikai satu sama lain.