Logo ABC

Melbourne Catat Angka COVID-19 Tertinggi, Layanan Kesehatan Kewalahan

Serikat pekerja ambulans di Australia mengatakan para pekerja sudah mengalami kelelahan selama pandemi COVID-19. (ABC News: Michael Barnett)
Serikat pekerja ambulans di Australia mengatakan para pekerja sudah mengalami kelelahan selama pandemi COVID-19. (ABC News: Michael Barnett)
Sumber :
  • abc

Layanan panggilan gawat darurat 000 di negara bagian Victoria kewalahan dengan telepon yang masuk, karena meningkatnya jumlah penularan COVID-19.

Jumlah panggilan hampir sama ketika Melbourne mengalami badai asma di tahun 2016 yang juga membuat sistem layanan kewalahan.

Otoritas Telekomunikasi Layanan Darurat (ESTA) mengatakan mereka menerima 3.250 panggilan yang meminta bantuan hari SeninĀ 27 September 2021.

"Kami mengamati jumlah panggilan yang banyak dan belum pernah terjadi sebelumnya," kata Marty Smith, kepala eksekutif ESTA.

"Jumlah panggilan yang tinggi sebelum COVID-19 hanya terlihat di akhir pekan, tapi sekarang hampir terjadi setiap hari."

Marty menambahkan waktu menunggu rata-rata orang yang menelepon layanan darurat saat ini naik sekitar satu atau dua menit. Senin malam kemarin, tepat setelah pukul 9 malam, waktu tunggu terlama untuk orang yang menelepon 000 adalah 13 menit, katanya.

Ia juga menjelaskan layanan darurat sudah mengambil sejumlah langkah, seperti mempekerjakan 43 staf tambahan yang bekerja penuh, menawarkan lembur kepada sejumlah pekerja, serta memanggil kembali karyawan yang sedang mengerjakan hal lain.