Logo BBC

Pandemi Bikin Gedung Kantor Pencakar Langit Kian Sepi, Apa Gunanya

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

China telah membatasi pembangunan gedung pencakar langit, yang dianggap lebih mengutamakan gengsi dibanding fungsi.

Kebijakan itu bersamaan dengan kemunculan fenomena baru di mana banyak kursi dan meja perkantoran di seluruh dunia kosong akibat pandemi Covid-19 yang mewajibkan para pekerja menghindari berbagi ruang tertutup dengan orang lain.

"Apakah gedung-gedung pencakar langit itu masih memiliki masa depan?" tanya penulis Judith Dupré.

Empire State Building
Getty Images
Konstruksi Empire State Building, dengan Chrysler (kanan) sebagai latar belakang

Sekitar 90 tahun yang lalu, setelah dunia selamat dari pandemi global dan berada di ambang krisis ekonomi, masa kejayaan gedung pencakar langit justru tiba.

Pada masa itu, muncul gedung-gedung tertinggi yang pernah dibangun manusia dan mencuri perhatian publik, seperti Chysler dan Empire State di New York, Amerika Serikat.

Chrysler mendapat gelar yang didamba-dambakan sebagai "gedung tertinggi di dunia" pada 1930.

Setahun kemudian, Empire State mengambil alih gelar tersebut. Gedung itu sempat sepi penyewa sehingga dijuluki "Empty State Building" sampai akhirnya, film King Kong yang berkisah mengenai gorilla yang dimabuk cinta memanjat gedung itu.

Film itu ditayangkan secara perdana pada 1933 dan membuat Empire State terisi penuh.

Masa kejayaan yang kedua bagi gedung pencakar langit berlangsung dalam 20 tahun terakhir, meskipun pembangunan tengah melambat bahkan berhenti di berbagai tempat.

Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban (Council on Tall Buildings and Urban Habitat) di Amerika Serikat mengatakan, jumlah gedung tinggi yang selesai dibangun menurun 20% secara global pada 2020 apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya - paling terlihat di China.

Grafis gedung pencakar langit
BBC