Logo BBC

Terinfeksi 2 Virus Sekaligus, Apa Itu Flurona dan Apakah Berbahaya?

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Dalam beberapa hari terakhir kita telah menyaksikan peristiwa yang, menurut sejumlah media, sudah diperkirakan sekaligus dikhawatirkan: satu orang terinfeksi dua virus pada saat yang sama, yaitu influenza dan SARS-CoV-2--penyebab Covid-19.

Kita bahkan sudah punya nama untuk infeksi baru ini, flurona. Jangan sampai tertukar dengan senyawa kimia heterosiklik dengan nama yang mirip, fluorona, berkaitan dengan senyawa fluoresens dan beberapa obat.

Setelah dua tahun pandemi, kita seolah-olah menunggu ini terjadi dan akhirnya ada konfirmasi dari luar negeri. Tepatnya Israel, meskipun tampaknya itu sudah terjadi bahkan di Spanyol.

Meskipun saat ini flurona menimbulkan kekhawatiran, kenyataannya mungkin tidak seburuk yang diperkirakan.

Sebelum membunyikan alarm peringatan kita harus bertanya pada diri sendiri apakah fakta ini benar-benar penting atau hanya satu fenomena biasa yang sudah terjadi jauh sebelum pandemi dengan frekuensi lebih banyak dari yang kita pikirkan.

Jangan sampai kita jadi heboh karena hal yang sepele.

Virus pernapasan ada di mana-mana

Terdapat lebih dari 200 virus yang menyebabkan penyakit pernapasan pada manusia. Sebagian besar dari jumlah tersebut menimbulkan gejala yang sangat mirip seperti sinusitis, faringitis, laringitis, tracheitis, bronkitis, dll. Intinya, infeksi saluran pernapasan yang menyebabkan peradangan.