Logo ABC

Australia akan Terima 16.500 Pengungsi Tambahan Asal Afghanistan

Australia mengumumkan akan menerima tambahan ribuan pengungsi dari Afghanistan selama empat tahun ke depan. (AP: Jafar Khan)
Australia mengumumkan akan menerima tambahan ribuan pengungsi dari Afghanistan selama empat tahun ke depan. (AP: Jafar Khan)
Sumber :
  • abc

Selama empat tahun ke depan, Australia akan menerima tambahan pengungsi asal Afghanistan sebanyak 16.500 orang, menjadikannya perubahan kebijakan terbesar dalam program kemanusiaan sejak tujuh tahun terakhir.

Di masa pemerintahan Australia sebelumnya di bawah perdana menteri Tony Abbot pada tahun 2015, pemerintah Austrakua memutuskan menerima 12.000 orang pengungsi Suriah dan Irak selama dua tahun karena adanya konflik di kawasan tersebut.

Saat ini walaupun kuota bagi jumlah pengungsi tahunan yang diterima Australia masih tetap 13.750 orang setiap tahun, namun dengan adanya tambahan pengungsi dari Afghanistan tersebut, jumlah pengungsi yang akan diterima naik menjadi 17.875 sampai tahun 2025-2026.

Namun, jumlah penerimaan pengungsi keseluruhan masih lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi di mana di tahun 2018-2019, pemerintah menerapkan kuota penerimaan sebanyak 18.750 orang.

Angka tersebut kemudian diturunkan menjadi 13.750 orang. Salah satu alasannya adalah bahwa penutupan perbatasan internasional di masa pandemi mempersulit proses mengurus dan mendatangkan pengungsi.

Paul Power, Direktur Eksekutif Dewan Pengungsi Australia (RCOA) mengatakan bahwa komunitas di sini sudah mendesak pemerintah menaikkan kuota penerimaan pengungsi menjadi 20 ribu orang tahun seperti di tahun 2013, namun mengatakan pengumuman pemerintah kemarin merupakan "langkah awal yang bagus."

"Ini akan memberi perbedaan besar bagi mereka yang berusaha mencari perlindungan di Australia," katanya.