Logo ABC

APBN Australia Fokus Pada Biaya Hidup Sehari-hari, Bahan Makanan Mahal

Wartawan ABC Indonesia Natasya Salim mencoba menghitung biaya kehidupan sehari-hari di Australia. (ABC News)
Wartawan ABC Indonesia Natasya Salim mencoba menghitung biaya kehidupan sehari-hari di Australia. (ABC News)
Sumber :
  • abc

'Budget' atau anggaran jadi topik hangat di Australia pekan ini.

Hampir semua media dan warga membicarakannya, karena pada Selasa malam (29/03) Pemerintah Australia mengumumkan rencana anggaran belanja negara untuk tahun keuangan 2022 - 2023.

Warga di Australia, termasuk pekerja asing, ingin tahu bagaimana uang dari pajak mereka dikelola dan dibelanjakan oleh Pemerintah, juga apakah mereka akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan lebih baik.

 'Treasurer' atau bendahara utama negara di Australia, Josh Frydenberg sempat mengatakan jika biaya hidup warga Australia akan jadi prioritas utama dalam anggaran Pemerintah Australia tahun ini.

Sebelumnya, sudah banyak keluhan, termasuk di kalangan warga asal Indonesia, yang mengatakan biaya hidup di Australia semakin mahal gara-gara naiknya harga bensin yang sempat mencapai lebih dari AU$2 per liter. Ya, lebih dari Rp20 ribu per liter!

Di saat semua media dan orang membicarakan anggaran, akhirnya saya memutuskan untuk melihat berapa uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pokok selama seminggu untuk saat ini.

Saya memutuskan pergi ke supermarket Woolworths di kawasan pusat kota Melbourne, yang juga banyak dikunjungi mahasiswa internasional, termasuk asal Indonesia.