Fakta-fakta Puncak Ibadah Haji 2023, Jutaan Orang Wukuf di Padang Arafah

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah - Jabal Rahmah tahun 2023
Sumber :
  • AP Photo/Amr Nabil

Mekkah – Di puncak ibadah haji, sekitar dua juta jemaah haji dari 160 negara di seluruh dunia melakukan Wukuf (berdiri) di Padang Arafah. Ini merupakan ritual haji terpenting, yang menandai puncak ziarah tahunan. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Jamaah dengan pakaian putih terlihat seperti lautan putih manusia. Mereka memulai ritual ibadah dengan berdiri di Arafah, pada Selasa sore, 27 Juni 2023. 

Para jemaah haji mengangkat tangan mereka dan berdoa untuk pertobatan di dataran luas Arafah. Ini adalah ibadah yang intens, yang dianggap sebagai puncak dari ziarah tahunan.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Banyak orang berdiri bahu-membahu, untuk berdoa di lembah gurun, di mana Nabi Muhammad menyampaikan khotbah terakhirnya, dan menyerukan kesetaraan dan persatuan di antara umat Islam. 

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Seruan Bersatu Hindari Perselisihan

Melansir dari Saudi Gazette, Rabu, 28 Juni 2023, cendekiawan Saudi dan Anggota Dewan Cendekiawan Senior Sheikh Youssef Bin Muhammad Bin Saeed menjadi penceramah Arafat di Masjid Namirah. 

Dalam khotbahnya, ulama itu meminta para peziarah untuk berpegang teguh pada persatuan dan menghindari perselisihan, sehingga tidak terbawa oleh kampanye jahat dan desas-desus. 

Usai khotbah, Syekh Youssef memimpin salat. menelusuri kembali tradisi mulia Nabi (SAW), ia melakukan shalat siang (Dhuhur) dan malam (Ashar), dipersingkat dan digabungkan bersama, dengan satu adzan dan dua iqama. Peziarah bergabung dalam doa di dan sekitar Masjid Namirah, kemudian mulai melakukan ritual berdiri di Arafah. 

Jemaah haji melaksanakan wukuf di Masjid Namirah Arafah

Photo :
  • Twitter @hsharifain

Rukun Haji

Wukuf di Arafah, salah satu dari empat rukun haji, dimulai setelah sholat dzuhur. Peziarah akan berdoa dan menyampaikan permohonannya sampai setelah matahari terbenam. Mereka juga mencari ampunan dan keridhoan Allah. 

Muslim di sebagian besar dunia menjalankan puasa pada hari Selasa, sebagai tanda solidaritas dengan para jemaah haji. Ini adalah sunnah besar bagi mereka yang tidak melakukan haji untuk mengamati puasa pada hari Arafah. 

Para peziarah akan tetap berada di Arafah sampai malam tiba dalam perenungan mendalam seperti doa dan pembacaan Al-Quran. 

Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Muzdalifah dan Mina

Photo :
  • Lutfi Dwi Pujiastuti/MCH 2023

Berlanjut ke Muzdalifah dan Mina

Setelah menyelesaikan ritual berdiri di Arafah, menjelang matahari terbenam, jamaah kemudian bergerak ke Muzdalifah. Mereka akan melaksanakan shalat Maghrib dengan tiga raka'at dan shalat Isya dua raka'at, pada waktu Isya setelah mencapai Muzdalifah, dan bermalam di sana untuk berdoa. 

Para jemaah haji telah berangkat ke Arafah dari tenda mereka di Mina pada Selasa pagi, dan melantunkan talbiya saat mereka berjalan menuju Arafah. Mereka juga berkemah di Masjid Namirah, serta di tenda-tenda yang telah ditentukan di Arafah, sekitar 15 km sebelah timur Makkah, setelah menghabiskan malam meditasi dan doa di Tenda Kota Mina. 

"Labbaik Allahumma Labbaik (Ya Allah, inilah aku menjawab panggilan-Mu)," seru jemaah haji. 

Jemaah haji di Mina.

Photo :
  • vstory

Talbiyah Menggema

Lebih dari 1,65 juta jemaah haji asing telah tiba untuk menunaikan ibadah haji tahun ini dan diikuti oleh ratusan ribu jemaah haji dalam negeri. Lantunan talbiya bergema di mana-mana saat para peziarah menuju ke Gunung Arafah dalam suasana spiritualitas yang menandai klimaks dari perjalanan spiritual seumur hidup mereka. 

Konvoi bus yang membawa jemaah haji menuju ke dataran luas Arafah, dan pasukan keamanan dikerahkan di sepanjang jalan dan jalur pejalan kaki untuk memastikan kelancaran arus dan keselamatan jemaah haji. 

Tim medis dan relawan juga mendampingi para peziarah untuk memberikan bantuan medis dan air, serta membantu para jemaah lanjut usia. 

Sebagai informasi, ibadah haji adalah kewajiban sekali seumur hidup bagi semua Muslim yang mampu secara fisik dan finansial untuk melakukan perjalanan, yang membawa umat beriman di sepanjang jalan yang dilalui oleh Nabi lebih dari 1.400 tahun yang lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya