Putin Dihadiahi Al Quran saat Kunjungi Muslim Dagestan, Langsung Dipeluk

Putin Dapat Hadiah dan Memeluk Alquran
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Dagestan – Presiden Rusia, Vladimir Putin mendapatkan hadiah Al-Quran saat mengunjungi wilayah Derbent, Dagestan.

Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

Putin mendapatkan hadiah Al-Quran saat ia mengunjungi Masjid Juma di Dagestan, Rabu, 28 Juni 2023. Ia mengunjungi wilayah itu untuk melihat perayaan Idul Adha di Dagestan.

“Kami memberikan Presiden kami (Putin) Quran dari Kota Suci Mekkah,” ujar Direktur Pemeliharaan Museum Derbent, Veli Fataliyev kepada TASS yang dikutip, Jumat 30 Juni 2023.

Mulia Banget! Usai Belajar Islam, Pendeta Brian Siawarta Ingin Layani Umat Muslim

Putin sendiri mengungkapkan keagungan Al-Quran, dan menegaskan siapa pun yang merusak dan menghina kitab suci Islam itu akan dihukum di Rusia.

"Di negara kami, hal itu adalah kejahatan yang melanggar konstitusi dan KUHP," tulisnya dilansir dari Iran Press.

Penuhi Keinginan Babe Cabita, Istri lelang Vespa Demi Bangun Pesantren dan Masjid

Ia pun berterima kasih atas hadiah Al-Quran tersebut.

“Alquran suci untuk Islam, begitu juga harus menjadi sesuatu yang suci bagi orang lain. Kami akan mengikuti aturan tersebut,” ujarnya.

Dagestan sendiri merupakan wilayah Rusia yang sebagian besar penduduknya beragama Islam. Masjid Juma sendiri merupakan masjid paling kuno di Rusia, dan salah satu yang tertua di seluruh dunia.

Menurut sumber tertulis, pemimpin militer Arab, Maslama Ibn Abd al-Malik memulai pembangunan Masjid Juma pada 733-734. Tiga pohon sycamore berusia ribuan tahun berdiri di halaman masjid.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Photo :
  • Russian Presidential Press Service via AP

Pada 2012, pohon tersebut diakui sebagai monumen alam dan saat ini dilindungi oleh negara. Kedatangan Putin di Dagestan sendiri disebut sebagai upayanya untuk memperbaiki kerusakan pada posisinya setelah pemberontakan yang dilakukan oleh pasukan Wagner.

Kemunculan Putin ini sendiri disebut sebagai sesuatu yang tak biasa, mengingat dirinya dipenuhi kerahasiaan. Apalagi, Putin diketahui kerap melakukan ketakutan atas keselamatannya.

Selain lapisan keamanan ketat yang diberlakukan oleh mantan pejabat KGB itu, Putin juga disebut memiliki tubuh pengganti untuk melindungi dirinya dari upaya pembunuhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya