Bangkai Kapal Selam Titan Dievakuasi, Potongan Tubuh Manusia Ditemukan

Wisata Maut Kapal Selam Bangkai Titanic
Sumber :
  • VIVA

Kanada – Potongan-potongan dari kapal selam wisata, yang meledak saat melihat bangkai Kapal Titanic, dievakuasi di St John's, Kanada, pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Para pejabat mengatakan kerangka pendaratan kapal selam dan penutup belakang kapal ditemukan di antara puing-puing yang hancur. 

RI Bangun Kapal Selam Sekelas Scorpene, Pengamat: Langkah Maju Pertahanan di Sektor Maritim

Selain itu, profesional medis Amerika Serikat (AS) juga akan melakukan analisis formal terhadap dugaan adanya potongan jenazah. Hal itu disampaikan oleh Penjaga Pantai dalam sebuah pernyataan. 

Badan tersebut, saat ini sedang dalam tahap awal penyelidikan penyebab terjadinya kapal selam Titan yang meledak. Marine Board of Investigation (MBI) Coast Guard akan mengangkut bukti kerangka kapal selam itu ke pelabuhan AS untuk analisis dan pengujian lebih lanjut. 

5 Negara dengan Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Posisi Indonesia Mengerikan

Kapal selam OceanGate.

Photo :
  • OceanGate.

Ketua MBI Kapten Jason Neubauer mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan bencana hilangnya Titan dan membantu memastikan tragedi serupa tidak terjadi lagi. 

Peringkat Negara Paling Tangguh di Asia Tenggara, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

"Saya berterima kasih atas dukungan internasional dan antarlembaga yang terkoordinasi untuk memulihkan dan melestarikan bukti penting ini pada jarak dan kedalaman lepas pantai yang ekstrem," kata Kapten Neubauer, dikutip dari BBC Internasional, Kamis, 29 Juni 2023. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kapal Selam Titan mengangkut lima orang hebat. Namun, kelima orang di kapal itu tewas pada 18 Juni 2023, setelah meledak sekitar 90 menit saat menyelam untuk melihat bangkai Kapal Titani tahun 1912 yang terkenal, yang berada di kedalaman 3.800 m (12.500 kaki) di Atlantik utara. 

Penumpang dari kapal selam itu mengangkut Kepala OceanGate, Stockton Rush, penjelajah lautan Inggris Hamish Harding, crazy rich Pakistan Shahzada Dawood, dan putranya, Suleman Dawood, serta penyelam Perancis Paul-Henry Nargeolet. 

Kapten Neubauer mengatakan bahwa penyelidik akan mengambil semua tindakan pencegahan, jika mereka menemukan sisa-sisa potongan tubuh manusia dan penyelidikan kemungkinan akan mencakup sidang formal dengan kesaksian saksi. 

Sejauh ini, Penjaga Pantai mengatakan, lima bagian utama kapal selam telah ditemukan di ladang puing-puing besar di dekat haluan Titanic. 

Puing-puing yang dibawa ke darat pada hari Rabu tampaknya mencakup setidaknya satu tutup ujung titanium, jendela kapal selam, cincin titanium, kerangka pendaratan dan ruang peralatan akhir. 

OceanGate telah mendapat kritik karena praktik keselamatannya. Selain itu, mantan karyawannya juga telah menyampaikan kekhawatiran tentang kapal selam Titan, yang tidak memenuhi aturan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya