Hal Baru Ini Buat Warga Korea Selatan Umurnya Jadi Lebih Muda, Apa Itu?

Bendera Korea Selatan.
Sumber :
  • Pixabay.

Korea Selatan – Undang-undang Korea Selatan yang terbaru membuat warganya menjadi satu hingga dua tahun lebih muda karena metode perhitungan tradisional yang mulai tidak digunakan.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Dilansir dari BBC, Jumat, 30 Juni 2023, berdasarkan sistem usia yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari di Korea Selatan, seseorang dianggap berusia satu tahun pada saat lahir dan ditambahkan satu tahun setiap tanggal 1 Januari.

Seoul, Korea Selatan.

Photo :
  • KFA/Allkpop
Media Asing Sorot Aksi Joget Ernando Ari di Depan Pemain Korea Selatan: Mengejek

Perlu diketahui, sejak awal 1960-an, Korsel telah menggunakan norma internasional untuk menghitung dari nol saat lahir dan menambahkan satu tahun pada setiap ulang tahun untuk dokumen medis dan hukum.

Meski demikian, ternyata masih banyak warga Korea Selatan yang menggunakan perhitungan tradisional.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Hal tersebut akhirnya mengantarkan pemerintahan untuk mengesahkan UU yang menghapuskan perhitungan tradisional dan sepenuhnya menggunakan standar perhitungan internasional.

"Kami berharap perselisihan hukum, keluhan dan kebingungan sosial yang disebabkan oleh cara menghitung usia akan sangat berkurang," kata Menteri Perundang-undangan Pemerintah Lee Wan-kyu dalam sebuah pengarahan pada hari Senin, 26 Juni 2023.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihak pemerintah pada 2022, sebanyak 86 persen warga Korea Selatan mengaku akan mulai menggunakan perhitungan internasional apabila sudah disahkan oleh pemerintah.

Seoul, Korea Selatan

Photo :
  • unsplash,com

"Saya akan berusia 30 tahun tahun depan (di bawah sistem usia tradisional Korea), tetapi sekarang saya memiliki lebih banyak waktu dan saya menyukainya," kata Choi Hyun-ji, seorang pekerja kantoran yang berusia 27 tahun di Seoul.

Dia juga menambahkan bahwa perhitungan internasional tersebut membuatnya senang karena menjadi lebih muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya