Puluhan Ribu Warga Mengungsi Imbas Kebakaran Hutan Parah di Kanada

Kebakaran hutan di West Kelona, Kanada, Jumat (18/8)
Sumber :
  • Darryl Dyck/The Canadian Press via AP

Kanada – Puluhan ribu warga di ibu kota Wilayah Barat Laut Kanada dievakuasi saat kebakaran besar membakar kawasan perhutanan hingga rumah-rumah di sebuah kota di British Columbia dan wilayah Barat Laut. 

Sekda Depok Minta Bappeda dan PUPR Benahi Akses Jalan Kampung Bulak Barat yang Putus Kena Banjir

Dilansir Associated Press, Minggu 20 Agustus 2023, ribuan orang di Yellowknife berkendara ratusan kilometer (mil) ke tempat aman, dengan pihak berwenang memandu pengendara melalui zona kebakaran, sementara yang lain menunggu dalam antrean panjang untuk penerbangan darurat karena musim kebakaran terburuk yang tercatat di Kanada tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Airtanker menerbangkan misi untuk memadamkan api menjaga satu-satunya rute keluar dari Yellowknife tetap terbuka. Sementara itu, jaringan pemadam kebakaran, alat penyiram, dan meriam air didirikan untuk melindungi kota dari kobaran api.

Bandara Samrat Ditutup Sementara Akibat Gunung Ruang Kembali Erupsi

Petugas Informasi Kebakaran Mike Westwick mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon Jumat malam, bahwa api tidak meluas pada hari Jumat dan masih 15 kilometer (9 mil) barat laut kota, sebagian karena suhu yang lebih dingin mengurangi kobaran api. kapal tanker untuk terbang dengan aman dan menjatuhkan pemadam api.

Kebakaran hutan meluas di Northwest Territories, Kanada, Kamis 17/8

Photo :
  • Jeff McIntosh/The Canadian Press via AP
Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

 Shane Thompson, menteri lingkungan dan sumber daya alam wilayah itu, mengatakan lebih dari 19.000 orang telah meninggalkan Yellowknife dalam waktu kurang dari 48 jam. Sekitar 15.000 pergi dengan mobil dan 3.800 terbang keluar kota.

"Ini adalah pencapaian yang luar biasa untuk mengevakuasi begitu banyak orang dengan selamat," katanya.

Kebakaran disebabkan oleh petir lebih dari sebulan yang lalu, luasnya sekitar 1.670 kilometer persegi (644 mil persegi) dan "tidak akan hilang dalam waktu dekat," kata Westwick, menambahkan bahwa kobaran api telah melewati tiga jalur penahanan yang berbeda, dipicu oleh cuaca kering dan hutan lebat.

SPBU yang masih memiliki bahan bakar buka pada hari Jumat, meskipun kota itu hampir kosong, dengan satu toko kelontong, apotek, dan bar masih buka.

"Ini seperti minum segelas bir di ujung dunia," kata Kieron Testart, yang pergi dari rumah ke rumah di komunitas Dettah dan NDilo di sekitar First Nation untuk memeriksa orang. 

Masyarakat adat sangat terpukul oleh kebakaran hutan, yang mengancam kegiatan budaya penting seperti berburu, memancing, dan mengumpulkan tumbuhan asli.

Ratusan kilometer (mil) selatan Yellowknife, rumah-rumah terbakar di West Kelowna, British Columbia, sebuah kota berpenduduk sekitar 38.000, kata kepala pemadam kebakaran.

Perdana Menteri David Eby mengumumkan keadaan darurat untuk provinsi tersebut karena situasi kebakaran yang berkembang pesat. "Kami menghadapi situasi yang sangat menantang di hari-hari mendatang," kata Eby pada konferensi baru Jumat malam.

Dia mengatakan keputusan itu akan memberikan pihak berwenang sejumlah perangkat kewenangan hukum, termasuk kekuatan untuk mencegah orang bepergian ke daerah berbahaya dan memastikan akses ke akomodasi untuk pengungsi dan alat berat untuk memadamkan api.

Penduduk di Kelowna Barat telah diperintahkan untuk mengevakuasi 2.400 properti, sementara 4.800 properti lainnya dalam keadaan siaga evakuasi. BC Wildfire Service mengatakan api tumbuh enam kali lebih besar dalam semalam dan membentang lebih dari 68 kilometer persegi (26 mil persegi).

Beberapa responden pertama dilaporkan terjebak saat menyelamatkan orang yang gagal dievakuasi, kata Jason Brolund, kepala pemadam kebakaran Kelowna Barat, yang mengatakan warga menghadapi 'malam menakutkan'. Tidak ada korban jiwa yang diketahui.

"Ada sejumlah risiko yang diambil untuk menyelamatkan nyawa dan harta benda tadi malam," kata Brolund pada konferensi pers, menggambarkan bagaimana responden pertama harus menyelamatkan orang yang melompat ke danau untuk menghindari kobaran api. "Tidak harus seperti itu."
 
Kanada telah melihat rekor jumlah kebakaran hutan tahun ini - berkontribusi mencekik asap di beberapa bagian AS - dengan lebih dari 5.700 kebakaran yang membakar lebih dari 137.000 kilometer persegi (53.000 mil persegi) dari satu ujung Kanada ke ujung lainnya, menurut Canadian InteragePusat Kebakaran Hutan.

Hingga Jumat pagi, lebih dari 1.000 kebakaran hutan terjadi di seluruh negeri, lebih dari setengahnya di luar kendali.

Perdana Menteri Justin Trudeau bertemu dengan kelompok tanggap darurat, meminta para menteri bekerja untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia dan mengatakan tidak akan ada toleransi untuk mencongkel harga pada penerbangan atau barang-barang penting.

Sekitar 6.800 orang di delapan komunitas lain di Northwest Territories telah mengevakuasi rumah mereka, termasuk komunitas kecil Enterprise, yang sebagian besar hancur. Para pejabat mengatakan semua orang berhasil keluar hidup-hidup.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya