Geli! Ada Cacing Parasit 8 Cm Ditemukan Hidup di Otak Seorang Wanita Tua

Cacing parasit ditemukan di otak seorang wanita tua
Sumber :
  • DW

VIVA Dunia – Sebuah kasus aneh menggemparkan dunia maya, cacing parasit ditemukan hidup di otak seorang wanita tua

Sarwendah Jalani Operasi, Sakit Apa?

Para ilmuwan minggu ini menerbitkan informasi mengenai kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana mereka menemukan dan mengekstraksi cacing parasit hidup dari otak seorang wanita di Canberra, Australia. 

Cacing tersebut memiliki panjang sekitar 8 centimeter dan merupakan cacing gelang yang paling sering terlihat pada spesies ular piton, yang dikenal sebagai Ophidascaris robertsi. 

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

Batang otak

Photo :
  • nypost.com

Cacing itu ditemukan di otak seorang wanita berusia 64 tahun setelah dia mengeluhkan berbagai perubahan gejala dan mengalami kesakitan dalam jangka waktu lama. 

Eko Patrio Ungkap Parto Sudah Lama Menahan Sakit hingga Akhirnya Dioperasi

Operasi dipimpin oleh ahli bedah saraf Hari Priya Bandi, yang menemukan dan menghilangkan parasit tersebut dengan tang selama biopsi. “Saya menggunakan tang penahan tumor dan mengeluarkan sesuatu yang sama sekali tidak saya duga: garis linier dan berlekuk-lekuk,” kata Bandi melansir DW Rabu, 30 Agustus 2023. 

"Dan dokter junior saya berkata, 'apakah itu arteri?', karena seperti itulah bentuknya. Dan saya berkata, 'itu bukan arteri, kita tidak berada di dekat arteri mana pun!' Dan saya perhatikan benda itu bergerak dan saya berkata, 'keluarkan saja dari tang saya!' Jadi kami segera memasukkannya ke dalam pot patologi, dan itu ternyata cacing yang menggeliat dengan kuat,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah masuk akal untuk berasumsi bahwa cacing tersebut telah "berpindah-pindah" di dalam tubuh, Bandi menjawab bahwa hal tersebut memang benar dan hasil pemindaian mereka menunjukkan hal yang sama. 

Gejala yang dialami wanita tersebut awalnya berupa masalah paru-paru, hati, dan perut, kata Bandi, namun kemudian berkembang menjadi masalah seperti depresi, mungkin karena aktivitas hewan tersebut terus memengaruhi berbagai bagian otak. 

Psikiaternya telah melakukan CT scan di mana cacing pertama kali terlihat, dan kemudian scan MRI untuk mempersiapkan prosedur menunjukkan bagaimana kelainan tersebut bergerak. 

Itu adalah penemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya “Saat Anda mengoperasi otak seseorang dan melakukan biopsi atau semacamnya, Anda tidak pernah menyangka akan menemukan sesuatu yang hidup,” kata Dokter Sanjaya Senanayake, yang ikut menulis penelitian bersama Bandi. 

"(Itu) tentu saja merupakan sesuatu yang tidak akan pernah kami lupakan." 

Bandi dan Senanayake berspekulasi bahwa wanita tersebut mungkin terpapar parasit tersebut saat mencari rumput liar untuk membuat hidangan bayam, dan dia mungkin terkena kotoran ular piton yang mengandung parasit.

Wanita tersebut, yang dipuji oleh Senanayake sebagai wanita yang "sangat berani dan sabar", kembali ke kehidupan normal setelah operasi untuk menghilangkan parasit tersebut, namun para profesional medis terus memantau keadaannya. 

"Tentu saja, karena ini adalah kasus yang tidak biasa di banyak tingkatan, kami terus mengawasinya dan terus berkomunikasi,” kata Senanayake. 

Cacing parasit ditemukan di otak seorang wanita tua

Photo :
  • DW

Senanayake mengatakan penemuan ini mengejutkan, namun mereka menyadari kemungkinan tersebut, terutama karena habitat manusia dan hewan semakin tumpang tindih. “Ular lain di seluruh dunia membawa parasit ini, jadi kemungkinan besar kasus baru lainnya akan terdokumentasi,” katanya. “Jadi mudah-mudahan, meningkatkan kesadaran akan hal ini akan membantu petugas kesehatan lainnya di seluruh dunia.”

Makalah mengenai kasus ini diterbitkan dalam jurnal Emerging Infectious Diseases pada hari Senin lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya