Jokowi Sebut Dunia Akan Hancur Jika Pemimpinnya Tidak Lakukan Hal Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup KTT ASEAN ke-43
Sumber :
  • gallery.asean

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengatakan pada para pemimpin ASEAN dan negara mitra yang menghadiri KTT ASEAN Ke-43, untuk tidak menciptakan konflik baru dan tidak menciptakan ketegangan. 

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Jokowi juga menegaskan bahwa para pemimpin memiliki tanggung jawab untuk mencairkan suasana di dunia yang selama ini makin suram dan dingin. 

"Di forum memang saya sampaikan bahwa setiap pemimpin yang hadir punya tanggung jawab yang sama-sama besar untuk tidak menciptakan konflik baru, untuk tidak menciptakan ketegangan baru," kata Jokowi dalam konferensi pers di JCC, Senayan, Kamis, 7 September 2023. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pembukaan KTT ASEAN ke-43

Photo :
  • gallery.asean

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menghimbau jika konflik dilanjutkan dan ketegangan tidak dapat diredakan, maka dunia akan menuju ke dalam kehancuran. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Di saat yang sama kita juga punya tanggung jawab untuk menurunkan tensi yang panas. Saya pastikan dunia ini akan hancur jika konflik dan ketegangan di suatu tempat dibawa dan dijadikan tarik-menarik di tempat lain," ujarnya. 

Dalam keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, Jokowi memastikan bahwa ASEAN tidak akan mengikuti rivalitas yang terjadi saat ini. Sebaliknya, ASEAN akan menjadi jangkar perdamaian bagi negara-negara yang berkonflik. 

"Dunia ini butuh jangkar, butuh penetral, butuh safe house. Dan saya bisa pastikan bahwa sampai saat ini ASEAN telah berada dalam track yang benar untuk bisa menjalankan peran tersebut, menjadi kontributor stabilitas dan perdamaian, serta menjadi epicentrum of growth."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya