Wapres AS Kamala Harris Girang Datang ke Indonesia, Ini yang Disampaikan ke Jokowi

Presiden Joko Widodo (kanan), berjalan bersama Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, sebelum ASEAN-US Summit di Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Sumber :
  • Media Center KTT ASEAN 2023

Jakarta – Salah satu agenda dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), di Jakarta Convention Center, 5-7 September 2023 adalah pertemuan bilateral antarpemimpin negara yang hadir. 

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Seperti yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang menerima kunjungan wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris di sela-sela memimpin sidang KTT ASEAN, pada hari Rabu, 6 September 2023. 

Dikutip dari siaran pers resmi Gedung Putih, pada Kamis, 7 September 2023, pertemuan kedua pemimpin berlangsung dalam suasana hangat. 

Nilai 3 Artefak Langka Zaman Majapahit yang Dicuri Capai Rp 46 Miliar

Presiden Indonesia Jokowi dan Wakil Presiden As Kamala Harris

Photo :
  • Instagram

Wapres Harris menyampaikan rasa gembira atas sambutan kepada dirinya ketika tiba di Jakarta, pada hari Selasa, 5 September 2023. 

AS Kembalikan Barang Antik Milik Indonesia yang Dicuri, Ada 3 Artefak Majapahit

Terakhir kali, kedua pemimpin itu bertemu di Bangkok, Thailand, pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), 19 November 2022 lalu. 

"Saya berterima kasih atas kepemimpinan anda di Keketuaan ASEAN 2023. Kepemimpinan Anda telah memberikan hasil nyata melalui penekanan khusus pada pertumbuhan ekonomi sebagai prioritas ASEAN," kata Harris. 

"Anda telah menjadi mitra yang kuat bagi kami dalam upaya memulihkan jalan Myanmar menuju demokrasi," lanjutnya. 

Ia bersama Presiden Joe Biden mengaku senang bisa menjamu Presiden Jokowi dalam KTT Khusus AS-ASEAN di Washington, pada 11-13 Mei 2023 lalu yang menurut Harris begitu bersejarah. 

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menjajaki untuk memperdalam kerja sama dalam pembangunan ekonomi, energi, maritim, pertahanan, isu-isu global dan regional, hubungan antarmasyarakat, ekonomi digital dan keamanan siber, kesehatan global, serta membangun masa depan yang berkelanjutan. 

Wapres Harris dan Presiden Jokowi turut membahas pentingnya penegakan hukum internasional dan kebebasan di Laut Tiongkok Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya