McDonald’s Timur Tengah dan Malaysia Kirim Donasi Rp 8,87 Miliar untuk Palestina

McDonald's Negara Arab
Sumber :
  • Gaey Arndt

Gaza – Sejumlah cabang restoran McDonald’s di beberapa negara Timur Tengah memberi dukungan kepada Palestina, yang sejak 7 Oktober lalu hingga saat ini sedang terlibat konflik dengan Israel

Palestina Sebut Lebih dari 10.000 Orang Hilang di Bawah Puing di Gaza

Mengutip laporan Doha News, Jumat 20 Oktober 2023, McDonald’s Qatar, mengumumkan sumbangan sebesar QAR 1 juta atau Rp 4 miliar untuk bantuan kemanusiaan di Gaza pada Sabtu 14 Oktober lalu.

Perusahaan yang dimiliki pengusaha asal Qatar itu juga melakukan kampanye #For_Palestine untuk memberikan bantuan makanan, air, tempat tinggal dan perawatan medis untuk memenuhi kebutuhan dasar dan memberikan bantuan kepada rakyat Palestina di Gaza.

Chery Malaysia Recall 600 Unit Omoda 5 Buntut Viralnya As Roda Belakang Patah

Selain itu, bantuan serupa juga dikirimkan oleh McDonald’s Oman dengan menyumbangkan dana senilai US$100.000 atau setara Rp1,57 miliar untuk rakyat Gaza melalui otoritas yang berwenang.

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Dalam pernyataan resmi McDonald’s Oman di akun Twitter mereka ditegaskan bahwa mereka tidak sama dengan McDonalds Israel.

“Apa yang dilakukan cabang McDonalds Israel tidak menjadi representasi dari cabang-cabang lain di seluruh dunia,” tulis akun @Mcdonaldsoman

Sebagai informasi, restoran cepat saji McDonald’s sempat menjadi perhatian, pasalnya McDonald’s di Israel dikabarkan mendonasikan 12.000 makanan kepada rumah sakit dan unit militer Israel.

Pernyataan dari McDonald’s Oman memperlihatkan poin penting dimana sebagai perusahaan waralaba yang menerapkan sistem franchise, atau model bisnis dengan menggunakan sistem merek dagang, operasional McDonald’s tidak terafiliasi antara satu negara dengan negara lainnya.

Gerai McDonalds

Photo :
  • LinkedIn

Selain McDonald’s Qatar dan McDonald’s Oman, McDonald's Malaysia juga turut menyumbangkan dana sebesar 1 juta Ringgit atau Rp 3,3 miliar untuk Dana Kemanusiaan Palestina yang baru-baru ini diluncurkan di bawah Departemen Perdana Menteri.

Dalam laporan New Strait Times, kontribusi ke Dana Kemanusiaan Palestina akan secara langsung mendukung masyarakat di Gaza dalam menangani kebutuhan kritis mereka yang terkena dampak konflik. Kontribusi tersebut mencakup bantuan medis, makanan dan tempat tinggal, serta bantuan evakuasi.

Hingga saat ini telah lebih dari Rp8,87 miliar sumbangan yang diberikan oleh McDonald’s dari berbagai negara sebagai bentuk dukungan mereka untuk membantu Palestina. Sumbangan ini belum termasuk dari beberapa negara lainnya seperti Uni Emirat Arab, Turki, dan Kuwait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya