Lai Ching-te Menang Pilpres Taiwan: Pilih Dialog Daripada Konfrontasi Dengan China

Pemimpin partai berkuasa Taiwan, Lai Ching-te, memenangkan pemilihan presiden.
Sumber :
  • AP Photo/Louise Delmotte.

Taiwan – Kandidat dari partai berkuasa, Lai Ching-te, berhasil keluar sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Taiwan pada Sabtu 13 Januari 2024. Lai akan akan menentukan arah hubungan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu dengan China selama empat tahun ke depan.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

China menyebut pemilu tersebut sebagai pilihan antara perang dan perdamaian. Beijing sangat menentang Lai, wakil presiden saat ini, yang meninggalkan karier medisnya untuk mengejar politik dari akar rumput hingga menjadi presiden.

Pemilihan presiden Taiwan kali ini mempertaruhkan perdamaian, stabilitas sosial, dan kemakmuran Taiwan, pulau yang diklaim Beijing sebagai miliknya, dan akan direbut kembali dengan paksa jika perlu. 

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Pemimpin partai berkuasa Taiwan Lai Ching-te (kanan) dan pasangannya Bi-khim Hsi memenangkan pemilihan presiden.

Photo :
  • AP Photo/Louise Delmotte.

Melansir CNA, dalam pidato kemenangannya yang disampaikan pada konferensi pers Sabtu malam pukul 20.30, ia mengatakan: "Di bawah prinsip martabat dan kesetaraan, kami akan menggunakan pertukaran untuk menggantikan hambatan, dialog untuk menggantikan konfrontasi, dan dengan percaya diri mengupayakan pertukaran dan kerja sama dengan China."

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

China mengatakan “reunifikasi” dengan Taiwan tetap “tidak dapat dihindari” setelah presiden terpilih Lai Ching-te memenangkan pemilu. “Hal ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kedua sisi Selat Taiwan dan mencapai tujuan perdamaian dan kemakmuran bersama.”

Lai, yang dicap oleh China sebagai ancaman terhadap perdamaian, memenangkan masa jabatan ketiga berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya di Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan setelah ia menyatakan dirinya sebagai pembela cara hidup demokratis di pulau itu.

Lai meraih 40,05 persen suara, mengungguli Hou Yu-ih dari Partai Kuomintang (KMT) dengan 33,49 persen dan Dr Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan (TPP) dengan 26,46 persen, menurut Pemilu Pusat. Komisi

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah Lai keluar sebagai pemenang, juru bicara Beijing di Kantor Urusan Taiwan, Chen Binhua, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemungutan suara tersebut "tidak akan menghalangi tren reunifikasi China yang tak terelakkan", menurut kantor berita negara Xinhua.

Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua

Photo :
  • Wang Xinchao/Xinhua via AP

Meskipun isu-isu dalam negeri seperti lesunya perekonomian dan mahalnya perumahan juga menjadi perhatian utama dalam kampanye tersebut, seruan Partai Progresif Demokratik Lai untuk menentukan nasib sendiri, keadilan sosial, dan penolakan terhadap ancaman China pada akhirnya menang. 

Lai dan Presiden petahana Tsai Ing-wen menolak klaim kedaulatan China atas Taiwan, bekas jajahan Jepang yang memisahkan diri dari daratan China di tengah perang saudara pada tahun 1949. Namun, mereka telah menawarkan untuk berbicara dengan Beijing, yang telah berulang kali menolak untuk mengadakan pembicaraan dan menyebut mereka separatis.

Beijing diyakini lebih menyukai kandidat dari partai Nasionalis yang lebih bersahabat dengan Tiongkok, yang juga dikenal sebagai Kuomintang, atau KMT. Kandidatnya, Hou Yu-ih, juga berjanji untuk memulai kembali perundingan dengan Tiongkok sambil memperkuat pertahanan nasional. Dia telah bersumpah untuk tidak melakukan tindakan yang memecah kedua sisi Selat Taiwan jika terpilih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya