Penjara Hancur dan Ribuan Narapidana Bebas, Haiti Kini Dikuasai Gangster

Kerusuhan di Haiti
Sumber :
  • Daily Mail

Haiti – Pemerintah Haiti telah mengumumkan keadaan darurat dan memberlakukan jam malam setelah ledakan kekerasan yang dipimpin geng bersenjata pada akhir pekan lalu menyebabkan ribuan tahanan melarikan diri dan kabur dari sel, setelah terjadi serangan di dua penjara terbesar di negara itu. 

Dipenjara karena Narkoba, Chandrika Chika Ngaku Salah Pilih Teman

Pernyataan pemerintah Haiti mengatakan dua penjara, satu di ibu kota Port-au-Prince dan satu lagi di dekat Croix des Bouquets, diserbu pada akhir pekan lalu, melansir Al Jazeera, Rabu, 6 Maret 2024. 

Keadaan darurat yang berlaku selama 72 jam ini segera diberlakukan ketika pemerintah menyatakan akan berupaya mencari para pembunuh, penculik, dan penjahat kejam lainnya yang dikatakan telah melarikan diri dari serangan tersebut. 

Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kerusuhan di Haiti

Photo :
  • Al Jazeera

Jam malam akan berlaku mulai pukul 18:00 (23:00 GMT) hingga pukul 05:00 (10:00 GMT)

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

"Polisi telah diperintahkan untuk menggunakan semua cara hukum dah tegas untuk menegakkan jam malam dan menangkap semua pelanggar,” kata pernyataan Menteri Keuangan Patrick Boisvert, yang bertindak sebagai perdana menteri sementara karena Perdana Menteri Ariel Henry sedang berada di luar negeri untuk meminta dukungan untuk PBB dana menstabilkan negara dalam konfliknya dengan kelompok kejahatan yang semakin kuat. 

Geng yang dipimpin oleh Jimmy Cherizier, mantan petugas polisi yang dikenal sebagai Barbecue, berusaha memaksa PM Ariel Henry turun dari kekuasaannya. 

Pierre Esperance dari Jaringan Nasional untuk Pertahanan Hak Asasi Manusia mengatakan hanya sekitar 100 dari sekitar 3.800 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Nasional yang masih berada di dalam sel penjara setelah penyerangan pada Sabtu malam. Sisanya telah kabur.

Kekerasan di Haiti juga semakin meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah seruan Cherizier agar kelompok kriminal bersatu. Cherizier memimpin aliansi geng bersenjata dan telah menghadapi sanksi dari PBB dan Amerika Serikat. 

Seorang pekerja sukarela penjara pada hari Minggu mengatakan bahwa 99 tahanan memilih untuk tetap berada di sel mereka di penjara utama karena takut terbunuh dalam baku tembak. Ini termasuk beberapa pensiunan tentara Kolombia yang dipenjara karena dugaan keterlibatan mereka dalam pembunuhan mantan Presiden Jovenel Moise. 

Kerusuhan di Haiti

Photo :
  • Daily Mail

Di ibu kota, geng-geng telah mendirikan barikade untuk mencegah pasukan keamanan merambah wilayah mereka, sementara markas mereka di kawasan kumuh yang luas di Port-au-Prince sebagian besar masih dikunci. Sekolah-sekolah dan banyak tempat usaha ditutup, dan ada laporan penjarahan di beberapa lingkungan. 

Orang-orang ketakutan dan jalanan kosong. 

Sejak Jumat, 15.000 orang mengungsi dari rumah mereka dan banyak yang kini tinggal di gedung sekolah di pusat Port-au-Prince. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya