Ribuan Relawan Berikan Bantuan untuk Jemaah di Masjidil Haram Selama Musim Haji 2024

Masjidil Haram
Sumber :
  • MCH 2023

VIVA – Masyarakat Arab Saudi sangat menghargai bulan Dzulhijjah karena bulan ini adalah bulan ibadah haji berlangsung dan mereka berusaha untuk menyambut tamu Allah yang datang dari seluruh dunia dengan cara terbaik.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Sudah menjadi kebiasaan bagi orang Arab Saudi untuk meluangkan waktu untuk membantu jamaah haji dan membuat kunjungan ke Dua Masjid Suci menjadi lebih mudah. Sudah menjadi kebiasaan bagi orang Saudi untuk berbondong-bondong memberikan diri mereka untuk melayani para tamu Allah yang datang ke negara mereka, dilansir dari Himpunan Penyelenggara Umrah & Haji pada Senin, 18 Maret 2024.

Jemaah haji usai melaksanakan Tawaf Qudum di Masjidil Haram

Photo :
  • Twitter @HajMinistry
Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Orang-orang yang mengunjungi Makkah dapat melihat bagaimana pemuda dan pemudi Saudi kreatif dan berdedikasi, menggunakan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mereka untuk menyediakan layanan yang luar biasa.

Kerajaan Saudi mendorong aktivitas relawan sebagai bagian dari Visi Saudi 2030, dengan tujuan mencapai 1 juta relawan pada tahun 2030.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Dilansir dari Arab News pada Senin, 18 Maret 202, menjadi sukarelawan di Makkah melibatkan beberapa tanggung jawab, seperti membantu pengangkutan jamaah dari Masjidil Haram, mengatur transfer di bandara, memberikan botol air, menyediakan makanan, dan menerjemahkan untuk orang yang tidak berbahasa Arab.

Seorang pemandu haji dan relawan, Rania Shodri, mengatakan bahwa kerja sukarela di Makkah adalah kesempatan yang luar biasa bagi mereka yang ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Shodri mengatakan bahwa Kerajaan menawarkan banyak peluang bagi relawan di berbagai bidang, termasuk layanan sosial, layanan kesehatan, pendidikan, bantuan kemanusiaan, dan dakwah dan bimbingan. Orang-orang di masyarakat juga dapat menjadi sukarelawan di rumah sakit, sekolah, kantor pelayanan sosial, dan Dua Masjid Suci.

Selain itu, relawan memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam kampanye kesadaran dan pendidikan, mengorganisir acara dan program, dan memberikan dukungan psikologis serta sosial kepada mereka yang membutuhkan.

Jika seseorang ingin menjadi sukarelawan, mereka dapat bergabung dengan organisasi lokal di Makkah atau menghubungi pihak berwenang yang bertanggung jawab untuk mengatur dan melatih sukarelawan.

Shodri menyatakan bahwa kerja sukarela di kerajaan membutuhkan tingkat disiplin dan komitmen tertinggi, izin dan pelatihan diperlukan di beberapa industri. Tergantung pada tempat dan acara, protokol dan prosedur keamanan khusus mungkin juga diterapkan.

Masjidil Haram

Photo :
  • MCH 2023

Semua orang dapat mencapai tingkat pertama karena memerlukan beberapa keterampilan dasar. Tingkat kedua mencakup tugas yang dibuat berdasarkan keterampilan yang diperoleh melalui latihan dan pengalaman. Tingkat profesional mencakup tugas yang memerlukan tingkat pendidikan dan keahlian tertentu.

Pemerintah mengatakan mereka ingin menjangkau 2.500 relawan pada akhir Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya