Anwar Ibrahim Dipuji Prabowo, Pemimpin Negara Pertama yang Ucapkan Selamat Usai Penetapan KPU

Menhan Prabowo Subianto bersama PM Malaysia Anwar Ibrahim
Sumber :
  • Dok Anwar Ibrahim

Kuala Lumpur – Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia. Ucapan selamat itu disampaikan melalui sambungan telepon.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

"Saya telah menghubungi Presiden terpilih Republik Indonesia Yang Mulia Bapak Prabowo Subianto bagi menyampaikan salam tahniah di atas kejayaan beliau dalam Pemilihan Presiden Indonesia yang baru selesai," kata Anwar Ibrahim di akun Instagram-nya, pada Kamis, 21 Maret 2024.

Anwar mengaku diberi tahu Prabowo bahwa dirinya lah pemimpin dunia yang pertama kali mengucapkan selamat setelah pengumuman KPU.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Anwar memandang hal tersebut sebagai bentuk persahabatan antara Malaysia dan Indonesia yang istimewa.

Prabowo Subianto terpilih jadi Presiden 2024

Photo :
  • Dok.istimewa
Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"Saya dimaklumkan saya pemimpin pertama yang menyampaikan ucapan tahniah kepada beliau selepas pengumuman keputusan rasmi pemilu sebentar tadi," tulisnya.

"Ini cukup bermakna kerana melambangkan nilai persahabatan antara Malaysia dan Indonesia yang amat istimewa sebagai negara tetangga yang dekat dan penting," lanjutnya.

Anwar mengaku yakin Prabowo mampu mengemban amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Dia menambahkan bahwa Prabowo dapat memajukan dan mensejahterakan bangsa Indonesia.

"Selamat maju jaya dan saya menyatakan keyakinan bhawa Bapak Prabowo pasti dapat menggalas mandat yang diberikan dengan cemerlang demi kemajuan yang berterusan dan kemakmuran negara Indonesia," ujarnya.

Anwar mengatakan pihaknya dengan Prabowo sepakat untuk memperkuat hubungan bilateral yang mencakup berbagai aspek. Dia juga berjanji sebagai negara bertetangga untuk bekerja sama di berbagai forum multilateral, khususnya dalam lingkup ASEAN.

"Kedua-dua kami bertekad untuk memperkukuh hubungan dua hala yang mencakup pelbagai aspek sebagai negara jiran dan berikrar untuk bekerjasama rapat di pelbagai forum pelbagai hala terutamanya dalam ruang lingkup ASEAN."

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi memenangkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. 

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat membacakan hasil Pemilu 2024 usai merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional, Rabu, 20 Maret 2024. 

"Menetapkan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Hasyim.

Dari rekapitulasi hasil Pemilu 2024, Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara atau 58,83 persen. Kemudian disusul pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua.

Anies dan Muhaimin memperoleh 40.971.906 suara atau 25,05 persen. Terakhir, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara 27.040.878 atau 16,53 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya