Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Prabowo Subianto
Sumber :
  • istimewa

JakartaMenteri Pertahanan yang juga pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Dalam kunjungan tersebut, Prabowo akan dijadwalkan bertemu dengan Presiden Xi Jinping.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Prabowo, sejak ia meraih kemenangan untuk menjadi Presiden berikutnya di negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Kementerian Luar Negeri China, pada hari Jumat, 29 Maret 2024, mengumumkan kunjungan Prabowo tersebut ke negaranya.

Juru bicara Kemlu China, Lin Jian, mengatakan dalam konferensi pers bahwa kedua negara mewakili negara-negara berkembang dan secara tradisional memiliki hubungan persahabatan yang kuat. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

"Melalui kunjungannya, kami berharap dapat memperdalam kerja sama strategis secara menyeluruh dan menciptakan model pembangunan bersama,” kata Lin, dikutip dari Nikkei Asia.

Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo, berusaha menjaga hubungan netral dengan negara-negara besar, dengan menyatakan bahwa hubungan baik dengan semua pihak adalah demi kepentingan nasional.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Indonesia sendiri terletak di tengah jalur laut Indo-Pasifik untuk perdagangan internasional, dan Tiongkok telah menyadari pentingnya hal ini dari perspektif geopolitik.

Pada tanggal 20 Maret, Xi Jinping, juga telah mengirimkan telegram ucapan selamat kepada Prabowo, dengan menyatakan bahwa ia sangat mementingkan perkembangan hubungan Tiongkok-Indonesia dan berharap dapat bekerja sama dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, untuk mencapai prestasi yang lebih besar dalam membangun komunitas yang memiliki rasa kebersamaan di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya