Diprotes Massa, Perdana Menteri Rumania Mundur

Kebakaran di Rumania
Sumber :
  • REUTERS/Inquam
VIVA.co.id
Hasil Lengkap Laga Persahabatan Sepakbola Dini Hari Tadi
- Perdana Menteri Rumania, Victor Ponta, mengumumkan pengunduran dirinya. Ia mundur setelah terjadi protes besar yang terkait dengan bencana kebakaran sebuah klub malam yang menewaskan lebih dari 30 orang.

Conte: Skuat Italia Sudah Berada di Jalur yang Tepat

"Saya menyerahkan mandat saya, saya mengundurkan diri, dan secara implisit pemerintahan saya juga," kata Ponta dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari laman
Diskotik Terbakar, 27 Orang Tewas
ABC, Rabu, 4 November 2015.


Sekitar 20.000 warga turun ke jalan-jalan di Bucharest pada Selasa malam, 3 November 2015. Mereka mengajukan protes dan menyerukan tuntutan agar Ponta mengundurkan diri. Pengunjuk rasa juga meminta Menteri Dalam Negeri, Gabriel Oprea dan juga wali kota distrik tempat klub malam tersebut terbakar untuk mundur.


"Anda harus malu, pembunuh!" teriak para demonstran sambil melambaikan bendera Rumania. Rakyat marah atas pemerintahan yang banyak melakukan kasus-kasus korupsi.


"Saya mengerti apa yang diminta dan apa yang diharapkan, seseorang harus bertanggung jawab. Langkah berikutnya adalah agar para politisi tidak mengabaikan 'pemberontakan' ini," tulis Presiden Klaus Iohannis pada akun Facebook miliknya.


Saksi mata mengatakan, kebakaran terjadi saat konser diadakan di klub bawah tanah. Percikan api tiba-tiba terjadi dan membakar dekorasi konser. Korban tewas mencapai 32 jiwa, sedangkan 103 jiwa lainnya dirawat di rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya