Motor Curian di Jakarta Mau Dikirim ke Lampung, Modusnya Ditutup Kasur Buat Kelabuhi Polisi

Motor hasil tindak pencurian (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Dok: Polres Jakbar

Jakarta - Polsek Tambora kembali menyita sepeda motor curian yang diangkut pelaku untuk dikirim ke Lampung. Sebanyak lima unit motor kedapatan diangkut mobil bak atau pikap.

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi M Syahduddi mengatakan selain lima motor, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti lain yaitu dua unit mobil Isuzu Traga dan enam unit ponsel.

"Ada terdapat 10 tersangka utama dalam kelompok ini, lima tersangka berhasil ditangkap Polsek Tambora. Dua tersangka ditangkap Ditreskrimum Polda Lampung, dan tiga tersangka yang berperan sebagai pengendali masih DPO (daftar pencarian orang)," kata Syahduddi kepada wartawan, Selasa 8 Agustus 2023.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Kelima orang pelaku yang sudah dicokok adalah EP (33), MA (28), MSA (19), JPP (29), IP (19). Ketiga tersangka utama berperan sebagai pengepul. Sementara, dua lainnya sebagai transporter atau pengirim motor.

"Pengepul jaringan Lampung ini diantaranya EP (33), MA (28), MAA (19). Tersangka berperan sebagai transporter dua, yakni JPP (29), dan IP (19)," ujarnya.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Syahduddi menyampaikan, penangkapan dilakukan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 dini hari sekira pukul 01.30 WIB. Dari informasi warga, polisi mendapati mobil bermuatan kasur yang di dalamnya berisi dua motor hasil curian yang rencananya akan dikirim ke Lampung.

Adapun para pelaku punya modus melancarkan aksinya agar tidak terendus oleh polisi. Modus cara itu dengan menutupi motor pakai kasur busa.

Jajaran Unit Reskrim Polsek Tambora menghentikan mobil tersebut di Jalan Puri Jaya, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.

"Saat diberhentikan olah unit Reskrim Polsek Tambora, muatan di bak mobil tersebut secara kasat mata hanya membawa kasur busa yang disusun dengan sangat rapi dan bagian atasnya ditutup dengan terpal berwarna oranye," tuturnya.

"Namun, jika dicek dengan lebih teliti, terlihat didalam bak mobil tersebut ada dua unit sepeda motor," ujarnya.

Dia menambahkan, tiga motor lainnya diamankan di lokasi yang merupakan toko kasur busa. Satu dari lima motor ini adalah kendaraan milik wartawan bernama Nirmala Maulana Achmad yang raib digondol maling di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis 3 Agustus 2023 malam.

"Unit Reskrim Polsek Tambora langsung melakukan pengembangan ke lokasi awal motor itu disimpan yaitu di sebuah Ruko tiga lantai yang terletak di dalam Perumahan Puri Jaya, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten," jelasnya.

Polisi tangkap I, pelaku pencurian kendaraan bermotor.

Photo :
  • VIVA/ Yandi Deslatama.

Dia menuturkan ruko tersebut adalah tempat toko yang berjualan kasur busa. Saat dilakukan penggerebekan di ruko tersebut, berhasil ditangkap tiga pelaku lainnya berikut tiga unit sepeda motor.

"Selanjutnya lima tersangka berikut barang bukti satu unit mobil pikap/losbak dan lima unit sepeda motor dibawa ke Polsek Tambora," ujar dia lagi.

Sebelumnya, jajaran Polres di wilayah hukum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor atau curanmor dengan hampir seratus motor curian. Polres Metro Jakarta Barat menangkap 37 terduga pelaku karena mencuri puluhan roda dua di kawasan Jakarta Barat.

Puluhan pelaku ini mencuri selama bulan Juli dari 28 lokasi. Total ada 46 unit sepeda motor disita polisi dari hasil kejahatan mereka. Para pelaku itu memiliki peran beda-beda mulai eksekutor, joki, hingga penadah motor curian.

“Ada yang berperan sebagai eksekutor, ada juga yang sebagai penadah, dan ada juga yang ikut membantu dan berperan untuk memalsukan surat-surat,” kata Komisaris Besar Polisi M Syahduddi, kepada wartawan, Rabu 2 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya