Pekerja asal China Ditemukan Tewas di Cikarang Selatan Bekasi

Penemuan jenazah pekerja asal China di Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, 7 Februari 2020. (Foto jenazah sengaja disamarkan - Redaksi)
Sumber :
  • Polres Metro Bekasi

VIVA – Seorang warga negara China ditemukan tewas di Pintu B1 Tower 153 Lantai 11 apartemen Meikarta yang berada di Kawasan Lippo Cikarang, Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan. Korban berinisial YH (45) dan diketahui sebagai pekerja yang sehari-hari tinggal di Mess Proyek B11 Meikarta.

Kementerian ESDM: Proyek Smelter RI-China Terganggu akibat Corona

“Jadi korban menghilang sejak hari Selasa 4 Februari 2020 dan sudah dilaporkan ke Polsek Cikarang Selatan pada 5 Februari 2020,” kata Kasubag Humas Polres Metro Bekasi, Kompol Sunardi, Minggu 9 Februari 2020.

Sunardi menceritakan, korban yang merupakan warga asal Tiongkok itu ditemukan tak bernyawa pada Jumat 7 Februari 2020. Mulanya para pekerja proyek curiga dengan bau busuk yang menyengat di lantai 11. 

Puluhan Pekerja China Jalani Cek Kesehatan di Bekasi

Setelah ditelusuri ternyata bau itu berada di balik gypsum. “Akhirnya didobrak dan ditemukan korban sudah tidak bernyawa,” jelasnya.

Oleh para pekerja, temuan itu langsung dilaporkan ke pihak kepolisian. Tak lama polisi melakukan olah kejadian perkara. Saat ditemukan jenazah korban dalam posisi tergeletak miring ke kanan dengan menggunakan pakaian kerja lengkap berupa kaos warna abu-abu, rompi, sepatu dan masker.

Cegah Virus Corona, Pekerja asal China di Bekasi Dites Kesehatan

Identitas yang ditemukan petugas di lokasi, korban YH merupakan warga asal Provinsi Hunan, China. Dia tercatat sebagai karyawan PT. Karyatama Makmur Perkasa dan tinggal di di Mess Proyek B11 Meikarta dengan nomor paspor EG6086278, demikian ungkap polisi.

Saat proses evakuasi jasad korban, polisi dibantu oleh tim paramedis dari Dinkes Pemkab Bekasi dan Dokkes Restro Bekasi. Selanjutnya korban dibawa ke RS Polri Kramat Jati. “Saat ini kasus masih dalam penyelidikan untuk mencari tahu penyebab pasti kematian korban,” kata Sunardi.

Tangkapan layar sebuah akun Facebook yang menyebut penangkapan enam warga negara China yang menyamar di Indonesia.

Cek Fakta: Tentara Merah Partai Komunis China Menyamar di Indonesia

Mereka adalah warga negara China yang bekerja di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
26 Juni 2020