Jabodetabek PPKM Level 3, Kota Tangerang Batasi Aktivitas Masyarakat

Pemberlakuan PPKM mikro di RW 06, Kepala Dua, Kabupaten Tangerang. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA - Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Turidi Susanto, memastikan Kota Tangerang telah mempersiapkan seluruh infrastruktur untuk menunjang pemberlakukan PPKM level 3. Mereka juga menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmenagri).

Pelaku Curanmor Babak Belur Dihajar Warga Usai Kedapatan Dorong Motor Curian

PPKM level 4 diperpanjang pemerintah. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bulat Satu Suara

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Pertama, DPRD bersama pemerintah daerah dan Forkopinda Kota Tangerang, bulat satu suara terhadap tata cara penanganan COVID-19, khususnya di masa PPKM level 3 yang diputuskan pemerintah beberapa saat lalu,” kata Turidi saat dihubungi wartawan, Senin, 7 Februari 2022.

Tingkatkan Tracing

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Turidi menuturkan Satgas COVID-19 Kota Tangerang yang terdiri dari berbagai unsur penyelenggara negara dan masyarakat akan bekerja extra ordinary khususnya dalam meningkatkan tracing COVID-19 di tengah masyarakat.

Dia mengakui tracing menjadi salah satu hal utama yang harus dilakukan untuk mencari dan memantau pihak yang kontak dengan orang yang terinfeksi COVID-19 (kontak erat) untuk memutus rantai penularan COVID-19 di masyarakat.

"Benar yang dikatakan pemerintah, kita harus tingkatkan tracing. Saya akan ingatkan terus gugus tugas penanganan COVID-19 Kota Tangerang agar lebih detail lagi saat tracing. Ketika ditemukan, harus segera ditangani," kata dia.

Baca juga: Luhut Tetapkan PPKM Jabodetabek Naik Level 3

Batasi Aktivitas Sosial Masyarakat

Turidi menambahkan aktivitas sosial masyarakat Kota Tangerang juga akan dibatasi dan protokol kesehatan akan semakin diperketat untuk menekan angka sebaran COVID-19.

Ia memastikan titik-titik masuk Kota Tangerang dan pusat kegiatan masyarakat telah dipasang barcode aplikasi Peduli Lindungi, yang penerapannya diperketat oleh petugas.

Terkait kesiapan rumah sakit dan fasilitas kesehatan masyarakat Kota Tangerang dalam menghadapi situasi melonjaknya COVID-19 saat ini, Turidi mengaku akan mengecek langsung kelapangan bersama unsur pemerintah daerah dan Forkopinda Kota Tangerang.

"Ini saya juga sedang cek kesiapan dan kesediaan bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit umum daerah dan swasta, serta  fasilitas kesehatan lainnya di Kota Tangerang. Vaksinasi juga terus kita genjot. Insya Allah, Kota Tangerang siap (hadapi gelombang 3 COVID-19)," tuturnya.

Jabodetabek PPKM Level 3

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan hasil rapat terbatas evaluasi PPKM untuk menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Luhut mengatakan pemerintah akan mengambil kebijakan pengetatan lebih terarah untuk kelompok rentan seperti lansia, kelompok komorbid dan yang belum divaksin dalam menangani varian Omicron yang saat ini tengah merebak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya