Cara Bikers di Bogor Bangkitkan Nasionalisme dan Patriotisme

Komunitas klub motor di Bogor mengelar upacara bendera bersama
Komunitas klub motor di Bogor mengelar upacara bendera bersama
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Metro – Komunitas Bikers dari berbagai klub motor di Bogor mengelar upacara bendera bersama dalam memperingati HUT Republik Indonesia ke-77 dalam rangkaian Festival Merah Putih (FMP) Kota Bogor di Jalanan Pajajaran, Tugu Kujang Kota Bogor, Senin 8 Agustus 2022. Pengibaran bendera ini dilakukan selama satu bulan penuh selama Agustus dari berbagai lapisan masyarakat dari berbagai organisasi.

"Hari ini kami melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera melibatkan seluruh komunitas di Kota Bogor untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di Kota Bogor. Hari ini sebenarnya adalah sebuah kebanggaan besar buat kami Festival Merah Putih karena untuk pertama kalinya seluruh bikers Kota Bogor bisa mengibarkan bendera merah putih di jantung Kota Bogor. Ini akan dilakukan setiap hari dari pagi dan sore penurunan," kata Panitia Festival Merah Putih Kota Bogor, Benny Mbooh, Senin 8 Agustus 2022.

Tugu Kujang sendiri dipilih karena menjadi pusat jantung Kota Bogor. Pengendara dan masyarakat yang melintas terhenti saat lagu Indonesia Raya mulai dinyanyikan dan bendera mulai naikan oleh para bikers.

Komunitas klub motor di Bogor mengelar upacara bendera bersama

Komunitas klub motor di Bogor mengelar upacara bendera bersama

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

"Kita ingin di tugu Kujang karena ini jantung Kota Bogor ya. Dan ketika bendera merah putih dikibar kan itu disaksiksan masyarakat. Dan bisa kita lihat bersama bahwa ketika lagu Indonesia Raya berkumandang, merah putih naik seluruh aktivitas di sini terhenti, lalu lintas terhenti, masyarakat mereka melakukan penghormatan. Itu sebuah simbol bahwa merah putih berkibar di dalam hati kita. Pesan kami, mari kita bahu membahu untuk menjaga NKRI," kata Benny.

Selain upacara satu bulan, rangkaian lain akan digelar seperti doa bersama pada 17 Agustus, hingga pameran produk UMKM dan donor darah. FMP menjasi agenda tahunan rutin yang digelar masyarakat dan Pemerintahan Kota Bogor.

Dalam kesempatan ini, Waka Polresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan menjadi inspektur upacara saat pengibaran bendera. Tentunya kegiatan ini sangat positif dengan mengajak peran serta aktif masyarakat khususnya warga di Kota Bogor untuk menyemarakkan dan membangun semangat kebangsaan dalam menyambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia.

"Tentunya dalam kegiatan ini kita harapkan bisa membawa dampak yang positif untuk masyarakat Kota Bogor. Dari Polresta Bogor Kota berterimakasih kepada panitia atas terselenggaranya Festival Merah Putih ini yang mana kegiatan ini adalah untuk menggelorakan semangat perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Koordinator Bikers se-Kota Bogor, Dadan Gandara mengaku bangga diberi kepercayaan untuk menggelar upacaya penaikan dan penurunan bender merah putih. Kegiatan ini sebagai bentuk bikers membuktikan selama ini bikers dan club motor mempunyai nilai positif di mata masyarakat.

"Dan kami melakukan dengan sebaik-baiknya dan ini tanggung jawab kami sebagai masyarakat Indonesia untuk melaksanakan HUT RI dengan sebaik-baiknya dan kami bisa berkiprah berperan meskipun kami basicnya bikers, tetapi kami masih mempunyai rasa nasionalisme dan menularkan rasa patriotisme kepada seluruh masyarakat," ungkapnya.

Baca juga: Cara Unik Bikers Dakwah dan Alfie Alfandy Tebar Kebaikan