Bukan di Jalur Mudik, Macet Horor Malah Terjadi di Tendean Arah Santa Jaksel

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Metro – Kemacetan parah terjadi di kawasan Tendean arah Simpang Santa, Jakarta Selatan Senin sore, 17 April 2023. Kemacetan ini terjadi lantaran adanya penutupan jalan di persimpangan Jalan Wijaya 1, Jalan Wolter Monginsidi, dan Jalan Suryo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kendaraan yang melintas di sana bahkan harus menempuh waktu yang cukup lama untuk sampai tujuan.

Auto2000 Siapkan SDM Hadapi Era Kendaraan Elektrifikasi

Pantauan VIVA, kendaraan seolah parkir di jalan karena laju kendaraan yang melintas tak bisa lebih dari 5 Km/jam. Mirip dengan macet di jalur mudik lebaran. Apalagi saat ini jam pulang kantor sehingga membuat penumpukan kendaraan semakin banyak.

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Urai Kemacetan Perlintasan KA di Poris, Pemkot Tangerang Bangun Dua U-Turn

Terlihat petugas kepolisian dan Dishub di lokasi kemacetan tetapi tidak bisa berbuat banyak lantaran adanya kebijakan penutupan jalan tersebut.

Efek dari kemacetan ini juga nampak di sejumlah ruas jalan ‘tikus’ yang biasanya tak dipakai melintas malah sekarang membuka jalan agar kendaraan tidak menumpuk di satu titik saja.

Video Mobil Parkir Sembarangan Bikin Pemilik Kedai Makanan Susah Jualan

Kemacetan akibat simpang Lampu Merah Santa Kebayoran Baru arah Tendean ditutup

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto malah mengklaim kalau rekayasa yang dilakukan di persimpangan Lampu Merah Santa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, berhasil mengurai kemacetan bukan malah membuat macet kawasan tersebut. 

"Kemarin sudah selesai, saya turun langsung (mengecek) lumayan bagus," kata dia kepada wartawan, Senin 17 April 2023.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto

Photo :
  • dok Polri

Soal kritik dari pengendara soal ujicoba penutupan u-turn di sana, dia menyebut kritik adalah hal biasa asal ada alasan jelas. Pihaknya bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkoordinasi melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi di sana. 

"Kalau disitu tidak direkayasa pada jam-jam tertentu ada penumpukan dari tiga arah. Dari jalan Wijaya numpuk, dari Jalan Buncit numpuk juga dan dari Senopati numpuk," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya