Ribuan Personel Gabungan Cadangan Disiapkan Antisipasi Keamanan Aksi Buruh di Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

VIVA Metro – Ribuan personel gabungan cadangan disiapkan guna antisipasi aksi buruh dalam kegiatan May Day, di sejumlah titik di DKI Jakarta, Senin, 1 Mei 2023.

May Day, Kapolri Janji Ada Timsus untuk Lindungi dan Kawal Hak Buruh

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan bahwa ada 4.500 personel gabungan yang terdiri dari polri dan TNI yang dicadangkan untuk antisipasi keamanan aksi buruh.

“Untuk anggota Polri masih disiapkan kurang lebih 1.000 personel,” ujar Karyoto kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin, 1 Mei 2023.

Peringati May Day, Serikat Buruh Rokok di Yogyakarta Minta Pemerintah Kaji Ulang RPP Kesehatan

Karyoto pun menegaskan bahwa ada juga 3.500 personel TNI yang dicadangkan guna antisipasi adanya hal tidak diinginkan dalam aksi buruh. Personel gabungan cadangan nantinya akan dikerahkan melihat situasi dari massa aksi.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto.

Photo :
  • Viva.co.id/ Foe Peace Simbolon
KSBSI Kalbar Tuntut Perlindungan Hak Buruh Kelapa Sawit

"Ada kekuatan cadangan untuk sewaktu-waktu kita gunakan apabila situasi mengharuskan kita menambah pasukan," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto mengatakan bahwa ada 6.000 personel gabungan yang telah disiapkan untuk mengamankan aksi buruh di sejumlah titik di Jakarta. Aparat gabungan itu terdiri dari Polri dan TNI.

“Petugas yang disiagakan semuanya 6000 personel,” ujar Karyoto kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin 1 Mei 2023.

Ia pun merincikan 6.000 personel gabungan yang dikerahkan yakni terdiri dari 4.000 personel kepolisian dan 2.000 lainnya merupakan anggota TNI. 

Karyoto berharap agar para massa buruh yang demo tetap menjaga keamanan dan ketertiban dengan memperhatikan peraturan yang ada.

“Dan hari ini juga di tempat umum, artinya ada masyarakat lain yang juga sedang berkegiatan. Kami mengupayakan untuk tidak banyak menutup jalur-jalur hanya di Patung Kuda,” katanya.

Aksi May Day tersebut akan dimulai sejak pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB. 

Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi di Istana Negara akan dilanjutkan dengan May Day Fiesta di Istora Senayan.

"Di Istora Senayan akan dilakukan May Day Fiesta. Akan dilakukan dari jam 13.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. May Day Fiesta akan diisi pidato dan orasi dari pimpinan buruh. Ada kemungkinan juga ucapan Hari Buruh Internasional dari capres yang sudah diputuskan dalam rakernas partai buruh. Ini rakernas ya belum keputusan Partai Buruh," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya