Siap-siap Daftar PPDB DKI Jakarta, Kuota Siswa Baru SD Sampai SMA Cuma 280.774 Kursi

Ilustrasi pendaftaran PPDB
Sumber :
  • antara

Jakarta - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 di Jakarta resmi dibuka pada Senin, 12 Juni 2023 untuk jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat. Adapun pada tahun 2023 ini, tersedia 280.774 kursi seluruh jenjang yang tersedia untuk SD, SMP, SMA sederajat.

Sagil Siswa SD Tinggi 2 Meter, YouTuber Korea Diajak ke Hotel hingga IRT di Garut Tewas Dibunuh

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat mengatakan, proses PPDB ini berlangsung sampai 7 Juli 2023. Para orang tua bisa mendaftarkan anaknya secara daring lewat situs ppdb.jakarta.go.id.

Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Pelaksanaan PPDB di 2023 ini kami lakukan secara online. Jadi bisa dilakukan dari rumah masing-masing. Itu dimulai pada hari ini Senin, 12 Juni 2023 dan nanti akan selesai pada tanggal 7 Juli 2023," kata Syaefuloh di kantor Disdik DKI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 12 Juni 2023.

Adapun sebagai rinciannya yaitu daya tampung PPDB 2023 untuk jenjang SD sebanyak 92.716 kursi, SMP 70.207 kursi, SMA 27.932 kursi, dan SMK 19.379 kursi. Masih sama seperti tahun lalu, jalur penerimaan PPDB terbagi menjadi empat, yakni jalur prestasi, afirmasi, zonasi, dan pindah orang tua serta anak guru. 

Ahok: Gubernur Jakarta Harus jadi Pelindung Warga

"Jalur prestasi yang dimulai pada hari ini untuk jenjang SMP, SMA, dan SMK. ini diperuntukkan untuk adik-adik kita para peserta didik yang berprestasi, baik itu dari sisi akademik maupun non-akademik," katanya.

Suasana PPDB 2019 di Kota Bekasi, Juni 2019.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dani (Bekasi)

Dia mengatakan terdapat perbedaan pada tahun 2023, yaitu untuk jalur afirmasi boleh diikuti siswa pemilik Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang tercatat dalam  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jalur zonasi memiliki kuota terbanyak mencapai 50 persen dari total kursi sekolah jenjang SMP dan SMA. Untuk SD kuotanya 20 persen. Kemudian, untuk jalur afirmasi memiliki kuota sebanyak 15 persen.

"Jalur yang keempat adalah jalur pindah orang tua. Ini juga kami memberikan kesempatan bagi para peserta didik yang orang tuanya pindah dari luar kota ke Jakarta kami berikan kesempatan untuk bisa mengikuti PPDB Jakarta," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya