Warga Menjerit Perlintasan Kereta Rawa Indah Ditutup Pasca Angkot Terseret

Perlintasan sebidang Rawa Indah Cipayung Ditutup pasca Kecelakaan Kereta Api
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama

Depok – Perlintasan sebidang Rawa Indah Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok saat ini ditutup. Penutupan dilakukan setelah terjadinya angkutan kota (angkot) yang terseret kereta rel listrik (KRL) pada Jumat, 16 Juni 2023.

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Diketahui, perlintasan Rawa Indah adalah perlintasan tidak resmi. Namun, perlintasan tersebut menjadi akses yang digunakan warga setiap hari.

"Perlintasan tidak resmi Jalan Rawa Indah RT 05/01 Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok," kata Kasat Lantas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Polisi Bonifacius Surano pada Minggu, 18 Juni 2023.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Penutupan ini dikeluhkan warga karena mereka harus berputar jauh. Perlintasan tersebut sebelumnya menjadi askses utama warga beraktifitas.

"Dari kemarin ditutup setelah ada kecelakaan. Sekarang jadi mutar jauh ya ini. Ya agak susah jadinya sekarang," kata salah satu warga, Dewi.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Dia berharap ada jalan terbaik untuk warga sekitar. Sehingga, perlintasan tersebut bisa dioperasikan kembali. Informasi yang didapat, perlintasan akan dibuat lebih landai saat turun ke Jalan Citayam Raya sehingga tidak mengakibatkan mobil tersangkut kembali.

"Pokoknya diupayakan bagaimana, biar pintu kereta ini tidak ditutup," ujarnya.

Doni, warga lainnya mengatakan, pada April 2022 juga terjadi insiden kecelakaan antara mobil dengan KRL Commuter line di pintu kereta Rawa Geni. Kemudian, perlintasan ditutup sementara. "Ditutup sebulan waktu itu," katanya.

Warga pun berputar jauh dan masuk ke jalan kampung. Sehingga, jalanan kampung menjadi padat dan macet. Warga pun meminta agar perlintasan Rawa Geni dibuka kembali.

"Itu kalau jam pulang kerja macetnya sampai Cagar Alam, akhirnya dibuka lagi. Kita sih sebagai warga minta akses ini (Rawa Indah) tidak ditutup permanen," pintanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya