Pemprov DKI Klaim PPDB di Jakarta Lancar, Aduan Sudah Ditindaklanjuti

Ilustrasi kelas dalam PPDB Zonasi || Sumber : Pixabay.com
Sumber :
  • vstory

Jakarra - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SD, SMP dan SMA serta SMK tahun pelajaran 2023/2024 berjalan dengan lancar dan seluruh aduan sudah ditindaklanjuti.

Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

"PPDB DKI Alhamdulillah semua berjalan lancar, sistemnya juga lancar, kemudian terima kasih pada semua pihak dan media ikut membantu sosialisasikan dan segala macam, dan terima kasih masyarakat yang sudah semakin dewasa semakin baik menyikapi PPDB," ujar kata Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo kepada wartawan, Jumat 14 Juli 2023.

Purwosusilo menjelaskan semua aduan dari orang tua murid melalui posko yang disediakan sudah ditangani. Namun, dia tak menjelaskan detail berapa banyak aduan yang masuk.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Ilustrasi pendaftaran PPDB

Photo :
  • antara

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga menyediakan aduan posko secara daring dan luring, sehingga orang tua murid dapat berkomunikasi dengan petugas dengan baik.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

"Kami menyiapkan posko dan call center. Yang mana call center itu letaknya di disdik dan posko sudin di 11 wilayah. Kemudian, yang dilakukan petugas posko itu melayani masyarakat. Masyarakat bisa melalui luring maupun daring. Masyarakat mengunjungi posko secara luring atau daring dimana itu banyak kategori keperluannya," kata dia.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga memantau dan melakukan evaluasi secara berkala selama proses PPDB berjalan. Dia mengatakan monitoring dan evaluasi (Monev) dilakukan demi mengetahui situasi terkini dari semua satuan pendidikan saat PPDB berlangsung.

"Monev dijalankan sebagai wadah untuk saling menginformasikan kondisi terbaru PPDB yang perlu diketahui oleh seluruh Satuan Pendidikan," ucap dia.

Sebagai informasi, Dinas Pendidikan DKI Jakarta memundurkan jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2023. Semula para siswa di Jakarta memulai tahun ajaran baru 2023 pada Senin, 10 Juli 2023.

Mundurnya jadwal masuk sekolah itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor e-0035/SE/2023 tentang Pelaksanaan Hari Pertama Sekolah (HPS) dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru tahun Pelajaran 2023/2024.

Dalam surat yang dilihat VIVA, perubahan jadwal masuk tahun ajaran baru 2023 diundur karena imbas dari libur dan cuti bersama beberapa waktu lalu.

Maka dari itu, proses penyelesaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi tanggal 11 Juli 2023.

"HPS bagi Peserta Didik pada Satuan Pendidikan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2023. Kehadiran Pendidik dimulai pada tanggal 10 Juli 2023 untuk persiapan HPS dan MPLS," demikian dikutip dari surat edaran, Senin, 10 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya