DRPD Diminta Tegur Heru Budi Buntut Candaan 'Tiup Polusi Udara'

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta - DPRD DKI Jakarta diminta menegur Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang diduga meremehkan polusi udara di Jakarta. Permintaan itu diungkap langsung Koalisi Ibu Kota saat menggelar aksi di Balai Kota DKI, Rabu, 16 Agustus 2023. 

Heru Budi Dinilai Layak Lanjut Jadi Gubernur Jakarta, Angka Kepuasan Publik Capai 60 Persen

Beberapa waktu lalu, Heru Budi melontarkan candaan saat ditanyai solusi mengatasi buruknya kualitas udara di Ibu Kota. Dia berkelakar bakal meniup polusi dari kawasan industri yang menyumbang buruknya kualitas udara di Jakarta.

Ucapan Heru Budi itu dinilai sebagai sikap remeh. Heru dinilai tak serius menangani masalah polusi udara di ibu kota.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Sekarang saya mau meminta Bapak Wibi untuk menegur Pj ini ya. Setidaknya janganlah Bapak Heru ini mengeluarkan kalimat-kalimat yg meremehkan polusi udara. Kayak, 'polusi udara saya tiup aja', itu kan meremehkan ya," kata perwakilan Koalisi Ibu Kota Adhito saat audiensi dengan Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino di Gedung DPRD DKI, Rabu, 16 Agustus 2023.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Usai Sidak Pegawai Pemprov

Photo :
  • VIVA/ Riyan Rizki Roshali
Ahok: Gubernur Jakarta Harus jadi Pelindung Warga

Adhito mengatakan, etika publik Heru Budi harusnya ditegur. Sebab, saat ini warga Jakarta setiap hari menghirup partikel udara PM25 yang mengakibatkan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Jadi pertama dia bukan avatar yang bisa meniup awan. Jadi tolong Pak, tolong Bapak tegur perkara etika publiknya Pj ini. Itu saja permintaan saya. Karena jangan sembarang Pak karena setiap hari warga menghirup PM25," jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melempar candaan saat ditanyai solusi mengatasi buruknya kualitas udara di Ibu Kota. Dia berkelakar bakal meniup polusi dari kawasan industri yang menyumbang buruknya kualitas udara di Jakarta.

"Iya, saya tiup aja," ucap Heru ditemui usai meninjau jalur pejalan kaki (Pedestrian) di kawasan Kuningan Timur, Jakarta Selatan, Senin, 12 Juni 2023.

Heru justru berfokus pada solusi menghadapi permasalahan polusi udara yang disebabkan dari kendaraan bermotor. Dia menyampaikan bakal mempercepat pengadaan kendaraan listrik yang memenuhi standar yang ada.

"Ya dipercepat motor listrik, mobil listrik, terus bahan bakarnya yang memang memenuhi syarat. Ya harus semua pihak harus mengikut dong," ujar Heru kepada wartawan, dikutip Selasa, 13 Juni 2023.

Mantan wali kota Jakarta Utara itu pun juga mendorong untuk memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH) guna mengurangi emisi udara buruk dari kendaraan bermotor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya