Pabrik Beton di Jakbar Diduga Sebabkan Polusi Udara, Terancam Disanksi

Pabrik beton di Jakarta Barat diduga penyumbang polusi udara
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat akan memberikan sanksi kepada pabrik beton atau concrete batching plant (CBP) yang diduga berperan cemarkan polusi dengan asap pembuangan produksinya.

Ada Pemadaman Lampu 60 Menit di Jakarta Malam Ini, Simak Daftar Lokasinya

Perusahaan yang akan di berikan sanksi tersebut salah satunya PT Merak Jaya Beton yang juga Diketahui tidak memenuhi dokumen lingkungan saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Hukum Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat Gamma Nanda Bhaskoro mengatakan perusahaan produksi semen tersebut terbukti melanggar sejumlah ketentuan di perusahaan itu.

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

“PT Merak Jaya Beton belum menindaklanjuti pemenuhan komitmen dengan penyusunan dokumen lingkungan. Ini erat kaitannya dengan upaya pengendalian pencemaran udara,“ kata Gamma dalam keterangannya dikonfirmasi, Kamis 31 Agustus 2023.

Jokowi Tugasi Luhut Muluskan Rencana Investasi Apple di Indonesia

Gamma mengatakan pihak perusahaan nantinya akan diberi sanksi administratif paksaan pemerintah dan diminta memenuhi komitmen yang tercantum dalam izin lingkungan serta menyusun dokumen upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL).

“Perusahaan akan diberi sanksi paksaan pemerintah. Sanksi tersebut salah satunya mewajibkan pemasangan paranet di lokasi sekeliling area kegiatan sebagai langkah antisipasi pencemaran udara atau debu,” ujar Gamma.

Gamma mengatakan pihaknya juga mendesak PT Merak Jaya Beton untuk melengkapi dokumen serta menjaga lingkungan sekitar pabrik.

Gamma mengatakan Sudin LH Jakarta Barat juga berupaya untuk meminimalkan pencemaran udara di sana.

“Dalam upaya pengendalian pencemaran udara, telah dilakukan upaya penyiraman di lokasi kegiatan dan stok material, serta penggunaan dust collector untuk menghalau debu,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya