Jakpro Mulai Bongkar Rumput JIS Sesuai Rekomendasi FIFA

Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mulai mengganti rumput di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Hal tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen melakukan penyempurnaan dan persiapan terbaik untuk pergelaran Piala Dunia U-17 FIFA pada 10 November hingga 23 Desember 2023 mendatang.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Direktur Utama (Dirut) Jakpro, Iwan Takwin menyebut salah satunya yang sedang dikerjakan pihaknya adalah proses perawatan (treatment) rumput di stadion utama.

Proses treatment rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan. Di antaranya, penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar, kemudian dipindahkan ke lokasi nursery rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery. 

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

"Proses penggantian rumput ini kedepannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepak bola berbeda-beda, ada yang 2 kali sehari atau 3 kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut," ujar Iwan Takwin dalam keterangannya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Rumput di JIS diganti sesuai rekomendasi FIFA

Photo :
  • Ist
Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA

Ia juga mengatakan bahwa kedepannya akan ada lebih dari satu nursery. "Rumputnya harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu, sehingga penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA" kata dia.

Adapun tujuan pergantian rumput JIS itu, lanjut dia, supaya rumput bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna. Selain itu, proses treatment juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi. 

Salah satu caranya, kata Iwan, dengan proses treatment di nursery, sehingga pertandingan di setiap matchday-nya yang terselenggara di JIS bisa sukses dengan kondisi rumput yang prima.

"Proses treatment yang ada di nursery ini untuk memastikan supaya rumput tumbuh lebih baik dan sempurna, rumput- rumput yang mengalami stress karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali," tuturnya.

Diketahui, Jakarta International Stadium (JIS) akan menjadi venue utama di mana akan menjadi tempat dua grup berlaga, termasuk kandang Timnas U-17 Indonesia. Selain JIS, penyelenggaraan turnamen dunia yang berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat (Bandung). Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya