Demo Buruh di Patung Kuda, Waspada Macet: Arus Lalu Lintas Dialihkan

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Jakarta – Elemen buruh bakal menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha (Indosat), Gambir, Jakarta Pusat, hari ini. Mereka menggelar aksi terkait putusan Judicial Review (JR) Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 6 Tahun 2023 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

Terkait hal itu, ribuan personel gabungan bakal diterjunkan guna mengawalnya. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, ribuan personel gabungan pun dikerahkan.

“Total 6.520 personel gabungan kita kerahkan untuk mengamankan aksi demo,” katanya kepada wartawan, Senin 2 Oktober 2023.

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Eks Kabid Humas Polda Jawa Barat itu mengatakan, dari ribuan personel itu terdiri dari 4.530 personel Polri, 1.680 personel TNI serta dari Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta yang menerjunkan 310 personel.

Prabowo Larang Pendukungnya Demo di MK, Demokrat Beri Pujian: Negarawan dan Komitmen Tinggi

“Satgasda 3.295 personel, Satgasres 615 personel dan BKO (TNI dan Pemda) 2.610 personel,” kata dia.

Perihal pengalihan arus lalu lintas, Trunoyudo mengatakan pihaknya telah menyiapkan skema pengalihan arus di sekitar lokasi. Hal itu untuk menghindari adanya gangguan terhadap aktivitas masyarakat.

“Kita juga siapkan rekayasa lalu lintas yang mengarah ke titik demo. Sifatnya tetap situasional namun diharapkan (untuk) menghindari jalur tersebut,” ucap dia.

Berikut ini skema pengalihan arus lalu lintas yang disiapkan:

1. Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat akan dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan;

2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Perwira (Situasional);

3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara akan dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto;

4. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada akan dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya