Polisi Ungkap Motif Sopir Tega Gelapkan Mobil Pribadi Caren Delano: Dulunya Kerja Jadi Sopir Online

Polsek Metro Setiabudi berhasil menangkap sopir presenter Caren Delano
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

JakartaPolsek Metro Setiabudi berhasil cokok sopir presenter Caren Delano yang tega gelapkan mobil pribadi bosnya ketika dirinya baru mulai bekerja selama tujuh hari. Sopir itu berinisial FS.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Arif Oktora menjelaskan FS berhasil dicokok di kawasan Bandung, Jawa Barat ketika tengah makan bakso di sebuah resto makanan. Dia menjelaskan FS tega mencuri mobil pribadi Caren Delano lantaran bermotifkan ekonomi.

"Baik untuk motif sendiri dari keterangan pemeriksaan tentunya motif ekonomi," kata Arif Oktora di Polsek Metro Setiabudi, Jumat 6 Oktober 2023.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Arif menjelaskan kalau FS tega melakukan itu karena sebelum bekerja dengan Caren, FS hanya berprofesi sebagai sopir online. FS mau menjadi sopir Caren karena dia tak punya kendaraan pribadi semenjak menjadi sopir online.

Penangkapan Sopir yang Bawa Kabur Mobil Caren Delano

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon
Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

"Yang bersangkutan sebelumnya bekerja sebagai supir online, namun karna yang bersangkutan tidak memiliki unit kendaraan sendiri pelaku melamar sebagai supir pribadi, jadi motifnya adalah smentara ekonomi namun dengan pola yang ada," ucap Arif.

Namun, dia enggan menjelaskan secara gamblang mengapa ekonomi FS dijadikan sebuah motif hingga tega menghelapkan mobil Mitsubishi Xpander.

"Masih pemeriksaan intensif keterkaitan apakah pelaku itu sudah sering melakukan mode serupa sebelum adanya laporan polisi," beber dia.

Peran Pelaku Penggelapan Mobil

Kapolsek Metro Setiabudi Kompol Arif Oktora mengatakan bahwa saat ini dua pelaku penggelapan mobil presenter Caren Delano masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Dua pelaku itu ternyata bersindikat dengan sopir Caren Delano, FS.

Arif menyebut kalau kedua DPO berinisial A dan TZ itu memiliki oeran sebagai penadah mobil yang digelapkan oleh FS.

Caren Delano (kiri).

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

"Selanjutnya yang keempat inisial A dan terakhir adalah TZ. Dua pelaku tersebut berstatus DPO. Dimana mereka berperan sebagai yang membeli atau pun juga menadah mobil Mitsubishi Xpander dengan nopol B 12625 DFF milik Caren Delano," ujar Arif Oktora di Polsek Metro Setiabudi, Jumat 6 Oktober 2023.

Arif menjelaskan sejatinya ada lima orang pelaku yang terlibat dalam kasus penggelapan mobil pribadi Caren Delano. Dia menyebut tiga pelaku lainnya yakni FS, MJ dan H.

FS berperan sebagai eksekutor pencurian dan penggelapan mobil Caren Delino. Selanjutnya MJ dan H merupakan pelaku yang jadi perantaran penjualan.

"Kedua berinisial MJ (42) sebagai pelaku penadahan atau perantara penjualan unit kendaraan. Ketiga inisial H (41), perannya adalah pelaku penadahan atau perantara penjual," ucao Arif.

Arif pun menuturkan ada sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan polisi saat mebcokok sindikat pelaku penggelapan mobil Caren Delano. Ada uang sebanyak Rp900 ribu sisa uang kejahatan FS, ponsel genggam milik FS dan dua buah pelat nomor palsu dengan nopol F 1702 ZN. 

"Selanjutnya tersangka FS dari hasil pemeriksaan kami kenakan Pasal 372 KUHP terkait penggelapan dan keempat tersangka lainnya, kami kenakan pasal 372 juncto 480 ayat 1 dan 2 KUHP terkait penadahan," tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya