1.611 Personel TNI-Polri Kawal Demo BEM SI terkait Putusan MK soal Capres-Cawapres

Demo BEM SI di Medan Merdeka
Sumber :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

Jakarta- Polres Metro Jakarta Pusat bakal mengawal jalannya unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia di kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, siang ini. Salah satunya isu yang mereka bawa adalah mengkritisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres).

Kalah di Pilpres 2024, Ini Kegiatan yang Bakal Dilakukan Mahfud Selanjutnya

"Hari ini, Jumat 20 Oktober 2023 akan berlangsung aksi penyampaian aspirasi dari elemen mahasiswa yang berlangsung di sekitaran Patung Kuda- kawasan Monas," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan, Jumat 20 Oktober 2023.

Polri dan TNI gelar apel siaga

Photo :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha
Hari Ini 172 Kampus Muhammadiyah Serentak Gelar Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel

Mantan Kepala Bagian Operasional Polres Metro Jakarta Pusat itu mengatakan ribuan personel bakal dikerahkan guna mengawal jalannya unjuk rasa agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. " Kami akan menerjunkan pasukan dalam aksi penyampaian aspirasi teman-teman mahasiswa siang ini berjumlah 1611 (personel)," ujarnya.

Lebih lanjut Susatyo mengatakan, ribuan personel itu bukan cuma dari Polres Metro Jakarta Pusat saja. Namun, ada dari Polda Metro Jaya dengan di back up penuh oleh TNI dan unsur Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia berharap mahasiswa bisa melakukan aksinya dengan tertib dan lancar, serta mematuhi batasan waktu sesuai dengan aturan Undang-Undang yang berlaku.

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita

"Titik fokus pengamanan kami berada di Jalan Sudirman sebagai etalase dan wajah Kota Jakarta, di Patung Kuda dan di kawasan Jalan Medan Merdeka Selatan. Kami siap mengamankan aksi ini agar berjalan tertib, damai dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat luas," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 50 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia berkumpul semalam di kampus Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Mereka melakukan konsolidasi terbuka mengkritisi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia capres-cawapres.

50 BEM se-Indonesia kumpul di kampus Politeknik Negeri Jakarta

Photo :
  • Galih Purnama/Depok

Ketua BEM PNJ Galih Rizkyawan mengatakan dalam konsolidasi semalam hadir BEM dari 50 kampus. Mereka terdiri dari empat aliansi yaitu Bem SI Kerakyatan, Bem SI Rakyat Bangkit, Bem Nusantara dan BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Kami sepakat untuk melebur menjadi satu dalam satu tujuan yang sama,” katanya, Rabu 18 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya