Depok Masih Tergenang Banjir, Warga Kesulitan Beraktivitas

Genangan Banjir Akibat Hujan Deras di Kota Depok
Sumber :
  • VIVA/ Galih Purnama

Depok – Sejumlah lokasi di kawasan Kota Depok, Jawa Barat, masih digenangi banjir setelah dalam beberapa hari ini diguyur hujan deras dan intensitasnya cukup lama. Dimana hujan deras mengguyur Depok sejak kemarin sore hingga malam. 

Penampakan AHY Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan Bareng Ribuan Warga Banyuwangi

Kondisi demikian membuat sejumlah perumahan warga terendam dengan ketinggian hingga 60 sentimeter. Seperti yang terjadi di Taman Duta, Sukmajaya. Banjir terjadi sejak kemarin sore. Hingga kini air banjir masih terlihat. Genangan ini membuat kendaraan warga mogok. Pengendara motor yang nekat melintas ada yang tiba-tiba berhenti di tengah banjir. 

Nurdin, salah satu warga mengatakan lokasi ini sudah sering tergenang saat hujan. Air tidak dapat tertampung di Kali Baru sehingga meluap ke jalan.

Berbulan-bulan Banjir Tak Kunjung Surut, Daerah di Bulak Barat Depok Ini Bak Kampung Mati

 “Sudah langganan kalau hujan pasti banjir,” katanya, Jumat 1 Desember 2023.

Warga sudah sejak kemarin ketar-ketir. Mereka khawatir intensitas hujan tinggi membuat air di kali meluap yang bisa mengakibatkan rendaman banjir akan semakin parah.

Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

“Kemarin Kamis kan hujan deras dari sore sampai malam. Banjirnya sudah dari pukul enam sore lah, sekarang sudah berkurang tinggi airnya," tukasnya.

Kawasaan Taman Duta memang kerap dilanda banjir. Namun sejak dua tahun lalu banjir tidak terlalu parah.

 "Tapi pernah dua tahun lalu banjirnya agak mendingan, enggak banjir karena pembuatan sodetan di dekat kali belakang kompleks Taman Duta. Tapi sepertinya sekarang paritnya sudah tertutup eceng gondok, jadi aliran air enggak jalan," ungkapnya. 

Sementara itu debit air di pos pantau Jembatan Panus mencapai ketinggian 130 sentimeter atau Siaga 4. Pada malam sebelumnya air mencapai 250 sentimeter.

 “Saat ini tinggi ait 130 CM atau Siaga 4. Kemarin malam 250 CM,” kata Arman, petugas pos pantau Panus. 

Ketinggian air sempat mencapai 350 sentimeter dua hari lalu. Namun perlahan ketinggian air turun.  “Dua hari lalu 350 CM,” katanya. 

Sisa dari banjir terlihat banyak sampah di pos Panus. Sampah terbawa derasnya air sejak semalam dan tersangkut di pos pantau. 

“Sampah selalu ada. Ini sisa dari yang terbawa air kemarin,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya