Tanda-tanda Tiket Bus TransJakarta Terblokir

Ilustrasi tiket bus TransJakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id / Siti Ruqoyah

VIVA.co.id – Tiket elektronik layanan TransJakarta milik penumpang yang tak melakukan 'tap out' atau menempelkan kembali tiket di mesin saat hendak keluar halte otomatis akan diblokir.

Hari Ini Layanan Bus Transjakarta Normal Lagi

Kebijakan ini akan berlaku di 12 koridor TransJakarta mulai 11 Januari 2017. Dengan demikian, diharapkan tak ada penumpang yang keluar halte TransJakarta tidak melalui gerbang elektronik.

"Jika Anda tidak melakukan tap out, maka kartu Anda tidak dapat melakukan tap in untuk perjalanan selanjutnya," ujar Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono, melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Selasa, 20 Desember 2016.

Bus Transjakarta Kecelakaan di Depan Halte Wali Kota Jakarta Timur

Menurut Budi, tujuan utama kebijakan diberlakukan adalah untuk memastikan data perjalanan penumpang yang didapat melalui sistem tiket elektronik menjadi akurat. Lewat tiket elektronik, TransJakarta bisa mendeteksi halte di mana penumpang memulai perjalanan. Diberlakukannya kebijakan wajib tap out akan membuat TransJakarta dipastikan mengetahui pula halte yang menjadi tujuan akhir pengguna.

Dari penerapan mekanisme, TransJakarta akan mengetahui rute-rute yang umum dilalui pengguna. Dari data itu, TransJakarta selanjutnya bisa memutuskan pembuatan rute baru untuk mengakomodir kebutuhan perjalanan pengguna. Pengguna tak perlu lagi berpindah koridor untuk mencapai halte yang ia tuju yang letaknya jauh dari halte awal ia melakukan perjalanan.

Ada Reuni 212, Rute Bus Transjakarta Harmoni-Pulogadung Dialihkan

"Penyesuaian rute atau infrastruktur TransJakarta dilakukan agar pelayanan kepada pelanggan lebih maksimal," ujar Budi.

(ren)

Bus Transjakarta.

Ada Demo Buruh, Dua Rute TransJakarta Depan DPR Setop Operasi

Beberapa rute bus TransJakarta juga dialihkan.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2020