Memandang Ibukota dari Bus TransJakarta Tendean-Ciledug

Jalur bus TransJakarta koridor 13, Ciledug-Tendean
Sumber :
  • ANTARA / Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Koridor 13 bus TransJakarta jurusan Tendean-Ciledug resmi dioperasikan, Senin, 14 Agustus 2017. Busway yang sebagian besar rutenya melewati jalan layang ini melintasi enam halte. 

Ada Demo Buruh, Dua Rute TransJakarta Depan DPR Setop Operasi

VIVA.co.id mencoba naik bus TransJakarta, hari ini. Berangkat dari Halte Tendean pada pukul 07.25 WIB, tampak tidak ada kepadatan penumpang di halte tersebut.

Dalam perjalanan, para penumpang bisa melihat kota Jakarta dari ketinggian. Arus lalu lintas pun lancar sebab sebagian koridor ini melewati jalan layang yang tak bisa dimasuki kendaraan lainnya.

Hari Ini Layanan Bus Transjakarta Normal Lagi

Satu per satu halte di koridor ini dilewati. Total ada 13 halte dalam koridor ini. Namun saat ini, baru  enam halte yang berfungsi. "Kemarin saja uji coba hanya tiga halte," kata salah satu petugas Transjakarta.

Perjalanan melewati jalan layang pun berhenti. Halte di jembatan layang terakhir di Halte JORR W2. Memasuki halte Adam Malik, bus Transjakarta sudah kembali ke jalur biasa.

Bus Transjakarta Kecelakaan di Depan Halte Wali Kota Jakarta Timur

Perjalanan berlangsung cukup lancar. Perjalanan dari Tendean ke Ciledug pun berakhir hingga Halte Puri Beta. Total perjalanan 9,3 kilometer dapat ditempuh selama 25 menit. VIVA.co.id tiba di halte terakhir itu pukul 07.50 WIB. 

Sejumlah warga terlihat masih kebingungan dengan rute koridor baru itu. Mereka pun bertanya kepada petugas. "Ini nanti lewat mana saja Mas?" ujar seorang warga kepada petugas.

Tak hanya itu, warga pun memperkirakan bus di koridor ini masih gratis. Mereka sempat kecewa saat mengetahui layanan koridor 13 ini sudah berbayar. "Sudah tidak gratis lagi ya?" kata seorang warga, Ninik (60).

"Kemarin doang ibu yang gratis. Sekarang sudah bayar. Kalau mau kami jual kartunya harga Rp30 ribu isi saldo Rp 20 ribu," ujar salah satu petugas.

Mendapati fakta itu, sang ibu bersama temannya mengurungkan niatnya menaiki bus Transjakarta koridor 13. "Saya kira gratis selama seminggu. Padahal saya mau coba," kata ibu tersebut.

Usai dari halte Puri Beta 2, VIVA.co.id pun mencoba kembali menaiki bus Transjakarta koridor ini. Kali ini, VIVA.co.id berangkat dari Halte Puri Beta 2 menuju Halte Tendean.

Berangkat pukul 08.10 WIB, perjalanan dimulai dengan jalur biasa. Tampak kali ini penumpang lebih ramai dibanding saat naik dari Halte Tendean.

Bus mulai menaiki jalan layang usai Halte Adam Malik. Kembali, pemandangan Ibukota dari ketinggian menjadi suguhan bagi masyarakat yang menaiki bus TransJakarta koridor ini. Selain pemandangan dari ketinggian, koridor ini juga cukup memotong waktu perjalanan karena tidak terkena kemacetan.

Yeti (35), salah seorang warga Ciledug mengaku, dia sangat bersyukur dengan adanya bus TransJakarta koridor 13 ini. Menurutnya, perjalanan yang selama ini ia tempuh dari rumahnya ke tempat kerja bisa memakan waktu 1,5 jam. "Tapi sekarang dengan adanya TransJakarta bisa lebih cepat. Kemarin pas ujicoba saya naik. Dari Puri Beta ke Tendean cuma 30 menit," katanya.

Perjalanan dari Puri Beta menuju Tendean pun cukup lancar. VIVA.co.id sampai di Halte Tendean dalam tempo tak jauh berbeda saat berangkat dari Tenderan-Puri Beta yakni sekitar 25 menit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya