Logo timesindonesia

Pepustakaan IAIN Jember Selamatkan Naskah Kuno Karya Ulama Nusantara

Proses digitalisasi naskah karya ulama Nusantara oleh Perpustakaan IAIN Jember (FOTO: Humas IAIN Jember for TIMES Indonesia)
Proses digitalisasi naskah karya ulama Nusantara oleh Perpustakaan IAIN Jember (FOTO: Humas IAIN Jember for TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Jember (IAIN Jember), menyelamatkan naskah karya ulama nusantara yang diperkirakan berumur ratusan tahun, dengan cara digitalisasi 

“Jadi proses digitalisasi ini bagian dari penyelamatan naskah-naskah kuno karya ulama nusantara, yang sudah mulai rusak,” ungkap Kepala Perpustakaan IAIN Jember, Abdu Muis, Kamis (20/6/2019). 

Menurut Muis, proses digitalisasi tersebut sesuai dengan visi besar Kampus IAIN Jember, yakni pusat kajian Islam Nusantara. 

“Naskah- naskah kuno ini bagian dari kekayaan Islam Nusantara, jadi harus kita selamatkan, agar bisa dibaca oleh generasi penerus kita,” sambungnya.

Dia menambahkan, naskah kuno tersebut berasal dari sejumlah daerah, seperti Jambi, Sumenep, Boyolali, Pamekasan, Bondowoso, Jember, Banyuwangi, dan beberapa daerah lain. 

“Ini asli karya ulama-ulama kita, dan isi naskah tersebut masih relevan dengan era kekinian,” terangnya. 

Untuk isi naskah- naskah tersebut, cukup bervariatif. Ada naskah yang berisi tentang Sejarah, Fiqih, Aqidah, Tasawwuf, Syair Arab, dan Al-Quran yang ditulis tangan langsung.