Jokowi Ungkap Alasan Pilih Angela Tanoesoedibjo Jadi Wamen Parekraf

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama

VIVA – Angela Tanoesoedibjo menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) dalam Kabinet Indonesia Maju periode lima tahun ke depan. Dia akan mendampingi Wishnutama dalam menjalankan tugasnya sebagai Menteri Parekraf.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Presiden Jokowi Widodo atau Jokowi mengungkapkan alasannya memilih putri raja media Hary Tanoesoedibjo berusia 32 tahun itu menjadi wakil Wishnutama. Menurutnya, Angela punya kemampuan dalam mempromosikan destinasi wisata di Indonesia meski usianya masih muda.

Angela merupakan wamen paling muda dan wamen perempuan satu-satunya dari 12 wamen yang dilantik siang tadi. Selain itu, kata Jokowi, Angela merupakan pengusaha yang berpengalaman di bidang media.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"(Dia) Pintar dalam promosi-promosi, sehingga kita berikan kepercayaan sebagai wakil menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, 25 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Sebagai wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela diminta Jokowi fokus membangun 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia. Sementara dalam satu tahun ke depan, Jokowi memintanya fokus membangun lima destinasi superprioritas. Dengan promosi wisata yang lebih fokus, Jokowi berharap jumlah wisatawan ke Indonesia akan semakin banyak.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Menjawab target yang dipatok Jokowi, Angela mengaku akan berkoordinasi dengan Wishnutama. Pasalnya, sebagai wamen, posisinya hanya membantu menteri.

Di sisi lain, dia mengatakan, tak akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dari pengusaha menjadi pegawai birokrasi. Itu karena dia sudah menggeluti sejumlah sektor yang berbeda, di dunia bisnis hingga politik.

"Saya berkali-kali pindah unit usaha dan bidang. Jadi, saya memang sudah menghadapi perbedaan culture, orang, personality. Di politik, saya sempat terjun di Perindo," tuturnya.

Dan karena baru dilantik, Angela belum bisa memberikan gambaran mengenai dunia pariwisata dan ekonomi ke depannya akan seperti apa. Kendati demikian, dia berharap supaya masyarakat Indonesia bisa lebih menikmati wisata di dalam negeri dibanding di luar negeri.

Seperti diketahui, jebolan dua universitas ternama di Australia ini sudah malang melintang memimpin sejumlah perusahaan milik ayahnya, MNC Group. Beberapa di antaranya Direktur Pelaksana PT Global Informasi Bermutu (GTV), Direktur PT Megah Group, serta Komisaris PT MNC Pictures.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya