Lawan Corona, Media RI Bersatu dalam Gerakan #MediaLawanCovid19

Ilustrasi media massa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Media-media di Indonesia bersatu dalam sebuah inisiatif yang diberi nama #MediaLawanCovid19 dalam upaya turut melawan keberadaan virus corona, yang berasal dari Wuhan, China, itu di Tanah Air.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Ada lebih dari 50 media nasional, juga daerah, yang terdiri dari televisi, radio, cetak, hingga media siber, yang turut dalam inisiatif.

"#MediaLawanCovid19 adalah sebuah inisiatif bersama kalangan media untuk menyebarkan berbagai konten edukatif secara masif dalam upaya memerangi penyebaran virus corona di Indonesia," dikutip dari rilis resmi pada Rabu, 24 Maret 2020.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Inisiatif, resmi dimulai Selasa 23 Maret 2020. Dalam peluncuran inisiatif, disebarkan konten 'Aman di Rumah' sebagai upaya mensosialisasikan strategi pemerintah supaya masyarakat belajar, bekerja, juga beribadah di rumah selama masa darurat corona.

"Melalui kerja berjaringan ini, diharapkan berbagai pesan penting dalam upaya memerangi penyebaran virus corona dapat tersebar luas dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat secara cepat," dikutip dari rilisnya.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Pada Rabu ini, juga seterusnya, upaya berlanjut dengan pembuatan konten-konten mandiri oleh media-media yang tergabung. Konten, akan membahas banyak hal mulai dari pesan jaga jarak (social distancing), deteksi dini dan upaya pencegahan, pengobatan dan penanganan penderita COVID-19, hingga kolaborasi dan berbagai info penting lainnya, seperti rumah sakit rujukan, prosedur tes, dan pengobatannya.

"Dengan pola ini, maka diharapkan materi publikasi edukasi yang tersedia dapat berlipat ganda, dan dapat dimanfaatkan oleh semua media nasional dan lokal. Dengan begitu, penyebaran konten edukasi tetap dapat berjalan masif di tengah berbagai keterbatasan tenaga, dan sarana kerja akibat diterapkannya kebijakan bekerja dari rumah," dikutip dari rilis resmi.

Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Indonesia John Chen.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Taiwan berharap dapat meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia di bidang medis.

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024