Tiga RS di Ibu Kota Jadi Rujukan Bila Diduga Terkena Virus Corona

Karyawan pakai masker karena dugaan penyebaran virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVAnews - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengaku pihaknya juga siaga, guna mengantisipasi virus Corona masuk ke Ibu Kota. Mulai dari tingkat rumah sakit hingga puskesmas, diminta kesiapannya.

Lindungi Anak Dari Bahaya Penyakit Menular! Ketahui Jenis Imunisasi yang Tepat

"Alat pelindung diri, kami minta semua dari Puskesmas, RS, untuk menyiapakan bagaimana mereka harus siap untuk APD," kata dia di Gedung Balaikota Jakarta, Senin 27 Januari 2020.

Dia mengakui, sementara ini di Jakarta ada tiga RS rujukan menangani virus corona. Pertama, RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, RS Tarakan, dan RSPAD Gatot Soebroto. Sejauh ini dipastikan tidak ada yang positif terkena virus corona di Jakarta. Tiga orang yang sebelumnya masuk kategori people under observation dipastikan negatif.

PNS Terobos ke Belakang Jokowi Diamankan Paspampres, Kolonel Herman: Hindari Hal Tak Diinginkan

"Kami, tentunya juga sedang berupaya menyiapkan untuk pendampingan dari RSUD kita. Apa yang sudah kita latih adalah yang dekat dengan bandara adalah RSUD Koja dan RSUD Cengkareng. Ke depannya, kita mengejar yang lain," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, instansinya juga ikut membantu pengawasan di bandara serta pelabuhan memeriksa mereka yang baru tiba di Tanah Air, dengan thermal scanner. Berkaca kasus SARS dan flu burung, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait melakukan pencegahan.

Pria yang Nyelinap ke Belakang Jokowi Ternyata PNS di Kabupaten Konawe

"Seperti halnya kemarin, saat SARS atau influenza yang dulu itu kami sampai turun-turun mendatangi apartemen semua warga atau semua pendatang yang terindikasi terduga," katanya. (asp)

Ilustrasi COVID-19/virus corona.

7 Fakta COVID-19 Melonjak di Singapura, Sepekan Capai 25 Ribu Kasus

Kasus COVID-19 alami lonjakan di Singapura. Tercatat ada kenaikan mencapai 25.900 kasus dalam kurun waktu 5-11 Mei 2024. Angka tersebut meningkat dari pekan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024