Uji Coba Zona Semi Pedestrian Malioboro Dicap Sukses, Apa Sebabnya

Kawasan pedestrian Malioboro, DIY
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

VIVA – Uji coba kawasan semi pedestrian kembali dilakukan di kawasan Malioboro pada Jumat, 7 Februari 2020. Uji coba ini dilakukan sejak pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Libur Lebaran 2024, Hostel Low Budget di Malioboro Kebanjiran Pesanan Wisatawan

Kabid Pengendalian Operasional Dishub Kota Yogyakarta Asung Waluyo menyebut, uji coba pedestrian sengaja digelar di hari Jumat untuk menguji coba pedestrian di saat padat. Menurutnya uji coba di hari Jumat sengaja dilakukan sebagai tambahan referensi dan kajian pedestrian selain hari Selasa Wage.

Asung menerangkan, di hari Selasa Wage, uji coba kawasan pedestrian dilakukan bersamaan dengan tutupnya pedagang kaki lima. Sedangkan pada hari Jumat, uji coba dilakukan dalam kondisi pedagang kaki lima tetap berjualan.

Malioboro Jadi Tujuan Wisatawan, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Lebaran 2024

"Ini baru uji coba sifatnya. Berapa kali lagi belum tahu bergantung kebijakan yang akan dilakukan, karena kemarin kan dicoba yang Selasa Wage," kata Asung.

Asung menjabarkan, uji coba kawasan semi pedestrian juga akan dilakukan hari Sabtu atau Minggu. Uji coba pada hari Sabtu atau Minggu ini akan dipakai untuk melihat pedestrian di saat padat.

Viral Ratusan Pemuda Membaca Alquran Penuhi Jalan Malioboro, Yogyakarta

"Kalau weekdays aman. Kurangnya tinggal Sabtu Minggu saja. Ini masih menunggu berapa kalinya lagi. Nanti kalau benar-benar sudah siap," papar Asung.

Asung menerangkan, uji coba yang dilakukan di hari Jumat dinilai berjalan dengan baik. Sejumlah komentar positif dari wisatawan dinilai jadi salah satu indikator kesuksesan uji coba.

“Hasilnya bagus. Kita dapat testimoni juga dari wisatawan khususnya yang dari luar. Enak dan bisa menikmati Malioboro karena lebih lengang,” kata dia. [mus]
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya