Lawan Corona, Malam Ini Jutaan Warga Jatim Istigasah Kubra Online

Istigasah yang digelar di Mapolda Jatim.
Sumber :

VIVAnews - Istigasah kubra akan digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur bersama pemerintah provinsi setempat dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri pada Rabu malam, 8 April 2020. Digelar secara online, diperkirakan jutaan warga, terutama kaum nahdliyin, akan ikut serta dalam istigasah dan doa bersama dari rumah masing-masing berharap terbebas dari bala virus corona atau Covid-19 itu.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Istigasah dipandu dari tiga lokasi, yaitu kantor NU Jatim di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, dan Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Dimulai setelah Isya sekira pukul 19.00 WIB, istigasah akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi milik pemerintah, TVRI, Kominfo Jatim, dan 9 stasiun televisi lokal.

Baca juga: Lagi, Satu Pasien Corona di Semarang Sembuh

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Beberapa ulama dan kiai NU yang akan berpartisipasi dalam istigasah tersebut. Di antaranya KH Anwar Mansur, KH Anwar Iskandar, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Marzuki Mustamar, KH Nawawi Abdul Jalil, KH Nurul Huda Jazuli, KH Zainudin Jazuli, KH Mutawaqil Allalah, dan KH Miftahul Akhyar serta kiai sepuh lainnya. Selain di kantor NU Jatim, mereka akan bergabung dari kediaman dan pesantren masing-masing.

"Istigasah akan dilaksanakan selama satu jam beserta doa. Kita mohon pertolongan Allah bersama masyarakat Jawa Timur di rumah masing-masing, semoga Jawa Timur dan Indonesia terbebas dari pandemi Covid 19, kami yakin itu dikabulkan Allah," kata Ketua NU Jatim, Marzuki Mustamar, dalam keterangan tertulis diterima VIVAnews.

Epidemiolog Sebut Virus Nipah Bisa Jadi Pandemi, Berpotensi Masuk Indonesia

Sementara di Gedung Negara Grahadi Surabaya, istigasah akan dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi, dan pejabat lainnya. Secara online, pejabat di kabupaten/kota juga akan mengikuti kegiatan yang sama.

Khofifah mengatakan istigasah online diikuti oleh sedikitnya 19 ulama dan kiai di Jatim. "Saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur dan masyarakat yang bisa mengikuti istigasah  secara online ini bersama-sama berzikir memohon kepada Allah agar virus Covid-19 diangkat dari bumi Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya," ujarnya.

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali meningkat. Per Rabu 13 Desember 2023 tercatat ada sebanyak 131 kasus baru sehingga total kasus aktif 365 kasus.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2023