Logo DW

Siswa SMK Matallo Toraja Ubah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Jufri Tonapa/DW
Jufri Tonapa/DW
Sumber :
  • dw

Sampah plastik menjadi masalah global yang hingga saat ini masih belum ada solusinya. Sementara banyak inovasi besaryang dikembangkan untuk mengatasi masalah ini, di skala kecil, pelajar di Toraja menemukan cara jitu untuk mengatasi sampah plastik yang mencemari lingkungan tinggal mereka.

Di SMK Matallo, Toraja Utara, ada kegiatan ekstrakurikuler yang ditujukan untuk mengubah sampah plastik menjadi paving block. Ide ini muncul karena tidak adanya tempat penampungan sampah yang memadai, sehingga sampah plastik berserakan di mana pun. Tumpukan sampah yang menggunung sering kali menyebabkan banjir dan merusak jalanan.

"Ide pembuatan paving block dari sampah plastik ini karena di Toraja Utara belum ada tempat penampungan atau pengolahan dari sampah plastik itu,” jelas Peronika Sulle, guru di SMK Mattalo yang menggagas ide pembuatan paving block dari sampah.

Proses dan peralatannya tidak rumit

Metode yang digunakan untuk mengubah sampah menjadi paving block sangat sederhana. "Jadi satu paving block yang kami produksi menggunakan tiga karung sampah plastik, dengan cara proses pembakaran dan pemasakan, setelah berbentuk adonan kami cetak dan kemudian kami rendam,” kata Peronika.

Setelah proses pemilahan, selanjutnya sampah plastik tersebut dilebur dengan cara dibakar lalu dimasak. Alat yang digunakan antara lain alat pembakaran sampah dan alat masak dapur. Selain itu mereka juga menambahkan oli bekas dan pasir sebagai pengikat adonan sampah tersebut.

Setelah sampah plastik yang dibakar cair secara merata mereka mencetaknya pada sebuah loyang agar cetakan dapat berbentuk simetris. Lalu "adonan” tersebut didinginkan dengan air dan didiamkan hingga mengeras dalam waktu beberapa jam.