3 Juta Vaksin Moderna dari Amerika Serikat Tiba di Indonesia

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Sumber :
  • VIVA/Dinia

VIVA - Pemerintah Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral Covax Facilities hari ini, Minggu, 11 Juli 2021.

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

"Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari Pemerintah AS," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam konferensi virtual di Jakarta.

Menurutnya, Vaksin Moderna yang berbasis mRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) izin pakai di masa darurat dari BPOM pada 2 Juli 2021. Sesuai komunikasi dengan beberapa kolega di AS, termasuk Menteri Luar Negeri dan National Security Advisor AS, Amerika Serikat berkomitmen memberikan sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis.

PAPDI Rilis Jadwal Imunisasi Terbaru 2024

"Saya ulangi, 4.500.160 dosis. Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah AS yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui Covax Facility ini," katanya.

Baca juga: Indonesia Dukung Mekanisme Berbagi Vaksin COVID-19

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

Ia menjelaskan mekanisme berbagi vaksin adalah bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara yang secara terus menerus dibahas dalam pertemuan-pertemuan Covax Facility.

Tentunya, Indonesia secara konsisten mendukung mekanisme berbagi dosis tersebut guna mempercepat pencapaian prinsip kesetaraan vaksin bagi semua negara.

Chicco Jerikho

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Chicco Jerikho bercerita mengenai pengalaman kurang menyenangkan saat dirinya mengidap sepsis pada 2021 lalu. Informasi itu disampaikan langsung oleh Chicco Jerikho.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024