Logo BBC

Teror terhadap Aktivis Papua Berulang, Kini Keluarga Veronica Koman

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Koalisi Masyarakat Sipil meminta pihak kepolisian mengusut tuntas aksi penyerangan terhadap aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Papua, Veronica Koman, dan menangkap pelakunya.

Teror terhadap keluarga Veronica Koman itu termasuk satu dari puluhan kekerasan terhadap aktivis Papua dalam beberapa tahun terakhir.

Ketua Divisi Hukum Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), Andi Muhammad Rezaldy mencatat sejak 2020 ada 31 peristiwa seperti teror, penyerangan, maupun intimidasi, yang dialami oleh para aktivis HAM di Papua.

Andi menilai, peristiwa itu terus terjadi karena aparat tidak punya kemauan kuat untuk menyelesaikannya.

"Tidak adanya kemauan yang begitu kuat dari aparat kepolisian untuk melakukan pengungkapan atas peristiwa tersebut dan belum adanya mekanisme perlindungan secara hukum kepada para pembela hak asasi manusia itu sendiri," kata Andi.

Namun, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Ahmad Ramadhan melalui pesan singkat kepada BBC News Indonesia mengatakan semua kasus akan ditangani jika terbukti memenuhi unsur pidana dan memiliki bukti awal yang cukup.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta selaku tim kuasa hukum pendamping keluarga Veronica Koman mengatakan Senin (08/11) ada tiga teror yang dialami keluarga Veronica dalam dua pekan terakhir.