Muhadjir: Pembatalan Cabut Izin Ponpes Shiddiqiyah atas Arahan Jokowi

Polisi berjaga di depan gerbang Pondok Pesantren Shiddiqiyyah Ploso berjaga di depan Pesantren Ashiddiqiyah dalam upaya penangkapan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) atau Mas Bechi di Jombang, Jawa Timur, Kamis (7/7/2022).
Sumber :
  • Antara/Syaiful Arif

VIVA Nasional – Menteri Agama Ad Interim, Muhadjir Effendy buka suara mengenai keputusannya membatalkan pencabutan izin operasional Pondok Pesantren (ponpes) Majma’al Bahrain Shiddiqiyah, Ploso, Jombang, Jawa Timur. Muhadjir mengatakan, sebelum mengambil keputusan itu, dirinya terlebih dahulu meminta arahan dari Presiden Joko Widodo.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

"Saya mendapat arahan. Saya tentu saja akan mengambil keputusan pasti meminta arahan presiden. Apalagi saya cuma Ad Interim kan," kata Muhadjir kepada awak media di Kantornya, Selasa 12 Juli 2022

Setelah mendapatkan arahan dari Prrsiden Jokowi, Muhadjir kemudian mengambil keputusam untuk membatalkan pencabutan izin tersebut. Pembatalan pencabutan izin tersebut karena Jokowi tak ingin peserta didik di Ponpes tersebut terganggu dalam pendidikannya.

Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya

"Karena itu, atas arahan dari bapak presiden sebaiknya pencabutan status izin operasional supaya dibatalkan biar anak-anak segera masuk sekolah lagi. Orang tua juga merasa nyaman," ujar Muhadjir.

Muhadjir mengatakan, demi kepetingan yang lebih besar, yakni proses pendidikan belajar mengajar di Ponpes tersebut, maka dirinya harus membuat keputusan ini. Dia meminta masyarakat melihat secara jernih terkait pembatalan pencabutan izin operasional ponpes.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

"Jadi itu demi kebaikan untuk siswa-siswa santri yang ada di sana. Karena itu warga masyarakat saya mohon bisa jernih melihat masalahnya gitu," ujarnya

Sebelumnya diberitakan Kementerian Agama membatalkan pencabutan izin operasional Pondok Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyah, Ploso, Jombang, Jawa Timur. 

"Saya sudah meminta Pak Aqil Irham, Plh Sekjen Kemenag, untuk membatalkan rencana pencabutan izin operasionalnya," kata Muhadjir, Senin 11 Juli 2022.

"Dengan demikian para orang tua santri mendapat kepastian status putra-putrinya yang sedang belajar di Ponpes tersebut. Begitu juga para santri bisa belajar dengan tenang,' ujarnya.

Baca juga: Menko Muhadjir Batalkan Pencabutan Izin Pesantren Shiddiqiyah Jombang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya