Mahasiswa Unsrat Protes ke Kemendikbud, Minta Rektornya Diganti

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat)
Sumber :
  • unsrat.ac.id

VIVA Nasional – Kelompok mahasiswa yang mengatasnamakan Garda Aktivis Peduli Pendidikan Indonesia meminta kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk mencopot Rektor Universitas Sam Ratulangi, Manado, Ellen Kumaat dari jabatannya. Mahasiswa menilai Ellen tak layak lagi menjadi rektor Unsrat.

Buruh Bakar Spanduk Raksasa Bergambar Ini Sebelum Bubar dari Kawasan Patung Kuda Jakpus

Koordinator aksi Fredi Moses mengatakan, Rektor Ellen sempat tersandung kasus hukum  namun tetap dipertahankan sebagai rektor. Untuk itu Mahasiswa meminta Menteri Nadiem Makarim untuk segera mencopot Ellen.

"Unsrat bukan lembaga politik yang bisa diintervensi pihak luar. Harusnya rektor yang tengah terjerat kasus korupsi tak boleh dipertahankan," kata Fredi, dalam keterangan yang diterima Jumat 21 Oktober 2022.

Ribuan Massa Buruh Masih Bertahan di Patung Kuda Jakpus

Aksi unjuk rasa Mahasiswa Unsrat

Photo :
  • Dok. Istimewa

Para mahasiswa bahkan sempat melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kemendikbud untuk menyuaraka aspirasinya itu. Mereka melakukan aksi sebagai bentuk kekecewaaan atas keputusan Nadiem mempertahankan Ellen sebagai rektor.

Tersandung Kasus Korupsi, Lima Smelter Timah di Babel PHK Ribuan Karyawan

Fredi menuturkan, Ellen juga tetap menjabat dan tak kunjung dilakukan pemilihan meski massa jabatannya sudah habis. "Harusnya Kemendikbud segera melakukan pemilihan, tapi ini sampai sekarang terkesan tak ada niat untuk mengadakan pemilihan rektor," ujar Fredi.

Fredi menduga, Ellen juga melakukan kebijakan penunjukkan pejabat kampus tanpa prosedur yang tepat. "Harusnya sebagai pelaksana tugas ia tak boleh seenaknya melakukan kebijakan, apalagi masa berlakunya sudah habis," sebut Fredi yang juga pemerhati masalah pendidikan ini.

ilustrasi buku sebagai ornamen pendidikan

Photo :
  • vstory

Ia meyakini, perkuliaahan mahasiswa akan terdampak jika polemik rektor ini dipertahankan. Jika Nadiem tak segera mencopot Ellen, Fredi mengancam akan mengadu ke Presiden Joko Widodo.

"Menteri Nadiem harusnya memberhentikan rektor Unsrat. Kami juga ingin agar Dirjen Dikti memastikan Unsrat memiliki Rektor definitif Desember mendatang," ujar Fredi seraya meminta penegak hukum tak ragu memproses Ellen ini.

Sekedar informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan surat keputusan untuk memperpanjang masa jabatan Rektor Unsrat seperti yang tertuang dalam Surat keputusan Nomor: 315/M/KPT.MK/2018 tanggal 26 Juni 2022 yang ditandatangani Menteri Nadiem Anwar Makarim tentang masa jabatan  Ellen Joan Kumaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya